22 C
Makassar
Senin, Agustus 8, 2022
BerandaParlemanBudi Hastuti Sosialisasi Perda Pengarusutamaan Gender

Budi Hastuti Sosialisasi Perda Pengarusutamaan Gender

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel KHAS Makassar, Jalan Andi Mappanyukki, Kamis (21/7/2022).

Dalam sambutannya, Budi Hastuti menyampaikan, tujuan sosialisasi ini untuk menjamin kesejahteraan dan keadilan gender dalam berbagai bidang pembangunan di seluruh aspek kehidupan.

“Peran perempuan saat ini sangat dibutuhkan, contohnya saja di legislatif, 30 persen wajib perempuan, kalau tidak cukup, partai dianggap tidak memenuhi syarat,” kata Budi.

Turut hadir narasumber Lisdayanti Sabri dalam forum tersebut, mengatakan tujuan perda ini untuk mensejajarkan permpuan dan laki-laki baik di bidang ekonomi mapun di bidang pembangunan lainnya.

“Jadi perempuan harus diperhitungkan keberadaannya, perempuan banyak kemajuannya sekarang, mereka bisa sebagai ibu, teman sudah bisa dianggap lebih maju dalam lingkungan kehidupannya,” ujar Mantan Anggota DPRD Makassar dari Fraksi Gerindra itu.

“Misalnya di tingkat kecamatan atau di daerahnya perempuan harus dilibatkan dalam mengambil keputusan. Kalau ditemptnya ada organisasi kewanitaan saya harap ibu-ibu ikut,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Direktur RSUD Daya Makassar, Hj Amalia Malik yang turut hadir sebagai narasumber mengatakan, perda ini sangat penting di sosialisasikan, lantaran perkembangan kota Makassar yang semakin pesat dari segala bidang.

“Olehnya, peran pemerintah dalam kesetaraan gender ini harus berjalan baik dan benar,” ujarnya.

Selain itu kata Amalia, perempuan harus membuat usulan saat digelar Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrembang).

spot_img

Headline