26 C
Makassar
Selasa, Maret 5, 2024
BerandaHealthBukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

Bukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

- Advertisement -
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kebanyakan orang menggunakan kacamata hitam dengan alasan agar terlihat lebih gaya dan fashionable. Namun, selain sebagai aksesori untuk menunjang penampilan, kacamata hitam juga memiliki fungsi kesehatan yang jarang disadari penggunanya. Kamu juga dianjurkan untuk mengenakan kacamata hitam setiap beraktivitas di luar ruangan.

Bukan hanya menunjang penampilan, berikut ini manfaat kacamata hitam bagi kesehatan mata:

1. Melindungi Mata dari Sinar Matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari yang terik dapat memengaruhi kesehatan mata. Memandang sinar matahari dengan mata telanjang dalam jangka waktu tertentu bisa merusak bola mata.

Ini seperti sinar matahari yang membakar kulit setelah lama berpanas-panasan atau berjemur. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berkendara, di pantai, maupun bekerja di luar ruangan.

2. Mencegah Kerusakan Mata

Manfaat kacamata hitam yang kedua adalah mencegah kerusakan mata. Matahari memancarkan sinar UV yang paling rentan merusak mata. Paparan sinar UV dari matahari pada mata bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tetapi bagian mata lainnya, seperti kornea, lensa, dan retina juga bisa mengalami kerusakan.

3. Menghindari Risiko Terkena Fotokeratitis

Berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam juga berisiko menyebabkan fotokeratitis. Fotokeratitis sendiri merupakan kondisi rusaknya kornea mata karena paparan sinar ultraviolet dalam waktu lama.

Gejalanya berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea yang mengalami peradangan. Itulah mengapa penting sekali menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

4. Mencegah Penyakit Mata
Selain faktor usia, faktor penyebab katarak pada mata lainnya adalah sinar UV. Bahkan, sinar UV juga diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit mata lainnya, seperti pterigium, pinguekula (benjolan kuning pada selaput tipis di bagian putih mata), dan degenerasi makula. Manfaat kacamata hitam selanjutnya adalah, kamu dapat meminimalisir risiko terkena penyakit mata tersebut.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer