31 C
Makassar
Sunday, May 19, 2024
HomeDaerahBupati Bone Ziarah ke Makam Raja Bone di Gowa - Makassar 

Bupati Bone Ziarah ke Makam Raja Bone di Gowa – Makassar 

Jelang Peringatan HJB ke-693

PenulisYusnadi
- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bone Ke-693. Bupati Bone, DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si beserta Forkopimda, Kepala OPD, dan Camat melakukan Ziarah Makam Raja Bone Ke-XV Latenritatta Arung Palakka Petta Malampe’e Gemme’ na, To’ Appatunru Paduka Sri Sultan Sa’ad ud-din Matinroe Ri Bontoala Jl. Bonto Biraen, Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu, (15/3/2023).

Rombongan tersebut disambut oleh Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni (Karaeng Kio) beserta jajarannya dan kemudian melanjutkan ziarah ke Makam Raja Gowa Sultan Hasanuddin, Makam Raja Bone A. Mappanyukki di TMP Panaikang.

Selanjutnya, rombongan mengakhiri lawatannya di Makam Raja Bone ke-22 La Temmasonge, di Jalan Tarakan Makassar.

Dalam sambutan Bupati Bone, H A. Fahsar Mahdin Padjalangi mengatakan ziarah ke makam raja-raja Bone ini merupakan rangkaian HJB setiap tahun rutin kita laksanakan.

“Tahun ini peringatan HJB kita laksanakan begitu panjang. karena bertepatan dengan bulan suci ramadhan, puncak HJB kita gelar 6 Mei mendatang. Rangkaian HJB kita mulai dengan ziarah makam raja-raja Bone. Kemarin, kita sempat ziarahi makam raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dengan dihadiri beberapa sesepuh yang ada di Jakarta,” katanya dalam keterangannya.

Bupati Bone dua periode ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah bersama dengan jajaran begitu juga tokoh masyarakat dan tokoh adat atas perhatian yang selama ini diberikan kepada kami semuanya.

“Dalam kesempatan ini, kami haturkan terima kasih yang sebesar – sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas sambutan dan segala fasilitasnya. Bahwa sejarah membuktikan bagaimana kebersamaan kita terbangun sampai dengan saat ini kelihatan daerah kita yang begitu kuat melahirkan generasi yang bisa membangun daerah,” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Staf Ahli Gubernur Sulsel ini menambahkan, mari kita menjaga kerjasama agar masyarakat di luar melihat Sulawesi Selatan adalah satu kesatuan dalam rangka membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Melalui momentum yang berbahagia ini perkenankan menyampaikan kepada Bupati Gowa melalui bapak Wakil Bupati bahwa ini adalah Ziarah Makam Raja Bone ke-15 di periode kami yang terakhir, Insya Allah kami akan berakhir 26 September 2023. Pasti akan berjalan terus oleh para pendahulu dan dilanjutkan,” sambungnya.

Andi Fahsar mengharapkan sinergitas antara Bone dan Gowa tetap terjaga dalam hubungan sesuai harapan dari leluhur kita.

“Ke depannya, kami berharap sinergi seperti ini tetap dijaga dan komitmen bangun antara Bone dan Gowa harus tetap terwujud seperti apa cita-cita dan harapan pada leluhur kita. Untuk itulah kami berharap bahwa apa yang menjadi harapan oleh pemerintahan sebelumnya,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni mengucapkan, selamat datang di wilayah Kabupaten Gowa. Bone dan Gowa satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh siapa pun.

“Kami disini bukan menyambut Bone sebagai tamu. tetapi sebagai keluarga, seperti yang kita ketahui, penelusuran kerajaan bone dan gowa adalah kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan.

maka dari itu, melalui momentum ziarah makam ini. atas nama pemerintah kabupaten gowa beserta jajaran dan masyarakat mengajak pemerintah daerah Bone untuk semakin mempererat tali persatuan dan silaturahim,” ucap Wabup Gowa.

spot_img

Headline

Populer

spot_img