27 C
Makassar
Kamis, Juli 7, 2022
BerandaHealthCara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bekas jerawat sebenarnya adalah bagian dari proses penyembuhan alami. Setelah jerawat hilang, kulit berusaha untuk mengembalikan kondisinya kembali normal. Tubuh berusaha membentuk serat kolagen yang dapat memperbaiki kerusakan akibat jerawat. Namun, saat kolagen yang dihasilkan terlalu sedikit, bekas luka yang dihasilkan berbentuk cekung. Jika terlalu banyak, bekas lukanya cembung atau menonjol.

Belum ada cara yang dapat membuat bekas luka jerawat benar-benar hilang. Meski begitu, masalah ini dapat menjadi lebih baik seiring waktu saat dilakukan pengobatan. Kamu bisa melakukan beberapa cara alami untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Lidah Buaya

Salah satu cara alami menghilangkan bekas jerawat di rumah adalah menggunakan lidah buaya. Tanaman ini dapat membantu proses penyembuhan. Kamu dapat mengoleskan lidah buaya langsung ke luka untuk mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai produk dari bahan dasar lidah buaya yang bisa dioleskan setiap hari.

Cara menggunakan lidah buaya:

Kupas kulit hijau tua dari sisi rata daun lidah buaya.

Ambil gel hijau muda yang agak bening.

Oleskan gel tersebut langsung ke bekas luka dengan gerakan melingkar.

Setelah setengah jam, bilas dengan air dingin yang segar.

Ulangi dua kali setiap harinya.

2. Madu
Cara lainnya untuk menghilangkan bekas jerawat di rumah adalah dengan mengaplikasikan madu. Cairan ini memang kerap digunakan untuk banyak tujuan pengobatan, seperti luka bakar, luka, dan herpes. Banyak penelitian yang menyebut jika penggunaan madu mampu membantu membersihkan luka karena sifat antibakterinya. Madu juga ampuh untuk melawan infeksi yang dapat mencegah jerawat untuk tumbuh.

Cara penerapannya:

Tutupi bekas luka tipis-tipis dengan madu sebelum tidur.

Bungkus area yang dioleskan dengan perban.

Biarkan selama semalaman.

Lepaskan perban dan bersihkan bekas madu dengan air hangat di pagi hari.

Buat hal ini sebagai rutinitas setiap malam.

3. Minyak Kelapa

Kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai cara alami menghilangkan bekas jerawat. Minyak ini mampu melembapkan kulit dan mencegah bekas jerawat. Namun, pada seseorang yang kulitnya berminyak, sebaiknya menghindari untuk mengaplikasikannya secara langsung.

Cara penerapannya:

Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa secukupnya untuk mencairkannya.

Pijat minyak tersebut ke bekas luka jerawat selama sekitar 10 menit.

Biarkan kulit untuk menyerap minyak yang dioleskan selama paling tidak 1 jam.

Lakukan hal ini dua hingga empat kali per harinya.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline