31 C
Makassar
Senin, Juni 14, 2021
BerandaRagamCara Atasi Cegukan saat Sedang Puasa

Cara Atasi Cegukan saat Sedang Puasa

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Berpuasa membuat kita tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman apapun seharian. Masalahnya adalah, kadangkala kita mengalami cegukan saat sedang berpuasa. Sementara, kita dilarang untuk minum.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi cegukan ini?

Ada banyak sekali penyebab dari cegukan. Biasanya hal ini dipicu oleh makan yang terlalu cepat sehingga membuat udara terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, namun, kondisi emosi tertentu seperti terlalu bersemangat, gugup, cemas berlebihan, hingga stres ternyata ikut mengganggu saraf yang menjembatani otak dengan diafragma sehingga akhirnya memicu kontraksi pada otot diafragma atau yang kita sebut sebagai cegukan.

Dilansir dari laman doktersehta, cegukan bisa dengan mudah diatasi dengan cara mengonsumsi air, khususnya air hangat. Namun, ada pula cara lain yang kita lakukan, yakni mengambil nafas dalam-dalam, menahannya sekitar 10 detik, lalu menghembuskannya secara perlahan. Melakukan tips ini beberapa kali bisa membuat cegukan hilang dengan sendirinya.

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memeluk lutut kita. Cobalah untuk duduk dengan kaki yang ditekuk dan memeluk lutut layaknya orang yang sedang meringkuk. Tahan posisi ini hingga beberapa menit sehingga bagian diafragma sedikit tertekan.

Hal ini akan membantu udara dari dalam tubuh keluar dan mengurangi kontraksi pada otot diafragma.

Jika cara-cara ini tidak berhasil, kita bisa memijat bagian ulu hati dengan ujung jari kita selama 20-30 detik sehingga membuat otot-otot diafragma menjadi lebih lemas dan tak lagi berkontraksi.

Tak perlu khawatir jika kita mengalami cegukan saat berpuasa. Dengan melakukan berbagai tips ini, kita pun akan kembali menjalani ibadah puasa dengan nyaman.

spot_img
spot_img
spot_img
- Advertisment -

Headline