25 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaRagamTips Sederhana Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Tips Sederhana Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan.

Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut.

Simak beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini dilansir DokterSehat:

1. Gosok gigi setiap hari dengan benar

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang pertama adalah menggosok gigi yang benar. Sebelumnya, pilihlah pasta gigi yang sesuai untuk gigi Anda dan pilih sikat gigi yang lembut.

Sikatlah gigi membentuk sudut 45º secara perlahan dan memutar di bagian luar maupun dalam. Jangan lupa, sikatlah gigi dengan seksama di bagian gigi geraham. Sementara untuk gigi depan, gosok secara vertikal, seperti gerakan ke bawah dan ke atas.

2. Rutin periksa gigi

Periksakan ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

3. Tidak merokok & minum alkohol

Hindari rokok dan alkohol karena dapat memperburuk kebersihan mulut, yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Sementara alkohol berisiko mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

4. Makan buah-buahan saat sahur

Perbanyak konsumsi buah-buahan juga menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa. Buah dan sayuran pengusir bau mulut adalah apel, bengkuang dan wortel. Sementara teh hijau yang mengandung bahan aktif catechin dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Jadi, minumlah 2-5 cangkir teh hijau setiap sahur.

5. Konsumsi keju

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa juga bisa mengonsumsi keju setiap sahur. Pilihlah keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, yang dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

BACA JUGA :  Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?
spot_img

Headline