33 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaRagamCara Cegah Datangnya Penyakit Saat Musim Hujan

Cara Cegah Datangnya Penyakit Saat Musim Hujan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Banyak orang yang menganggap air hujan sebagai biang dari berbagai masalah kesehatan jika sampai kita kehujanan.

Menurut pakar kesehatan dr. William Schaffner dari Vanderbilt University, Tennessee, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman DokterSehat, bukan air hujan yang menyebabkan dampak kesehatan, melainkan suhu dingin.

Schaffner menyebutkan suhu dingin akan meningkatkan risiko terkena infeksi pernapasan. Selain itu, kita juga cenderung lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan, bukannya di luar rumah hanya demi menghindari hujan atau membuat badan lebih hangat.

Masalahnya adalah terkadang di dalam ruangan tidak hanya kita sendiri, namun juga orang lain baik itu keluarga atau teman-teman. Jika ada di antara mereka yang sudah sakit flu atau masalah pernapasan lainnya, maka risiko untuk terkena gangguan pernapasan pun akan meningkat.

Selain itu, suhu dingin juga akan membuat lingkungan cenderung jauh lebih lembap dari sebelumnya. Hal ini ternyata sangat ideal bagi virus atau kuman penyebab penyakit berkembang biak dan menyebabkan datangnya masalah kesehatan pada manusia. Jika hal ini juga dikombinasikan dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, maka kita pun akan mudah jatuh sakit.

BACA: Cara Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

BACA: Meski Hujan Deras, Iqbal Suhaeb Tetap Tinjau Lokasi P2K3

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan jika tidak ingin mudah sakit saat musim hujan seperti sekarang ini.

Berikut adalah cara-cara untuk mencegahnya.

Sering Mencuci Tangan

Sudah menjadi rahasia umum jika cara pertama yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya penyakit adalah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun. Pastikan untuk melakukannya sebelum makan, setelah menyentuh orang lain, menyentuh benda-benda kotor atau yang sudah berkali-kali disentuh orang lain, dan setelah menggunakan toilet.

BACA JUGA :  Saat Hujan Hasrat Berhubungan Intim Meningkat, Ini Alasannya

Meski terlihat sepele, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun ini bisa membantu mencegah datangnya virus atau kuman penyebab penyakit sehingga kita pun tidak mudah jatuh sakit.

Cermat Memilih Makanan

Jika kita sembarangan memilih makanan yang dijual di pinggir jalan atau yang tidak bisa dipastikan kehigienisannya, bisa dipastikan risiko untuk jatuh sakit atau terkena keracunan akan meningkat. Selain itu, sebaiknya kita mengonsumsi makanan bergizi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Memakai Pakaian Hangat

Jika suhu udara lebih dingin, pastikan untuk memakai pakaian hangat yang bisa membuat tubuh lebih nyaman sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Menghindari Air Kotor

Air kotor di jalanan akibat hujan deras atau banjir bisa saja menjadi sumber dari berbagai macam penyakit sehingga sebaiknya kita menghindarinya.

spot_img

Headline