25 C
Makassar
Rabu, Januari 19, 2022
BerandaRagamCara Efektif Menghaluskan Rambut

Cara Efektif Menghaluskan Rambut

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Semua orang pasti mendambakan rambut yang sehat, halus dan berkilau, terutama bagi para wanita.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu banyak hal dapat memengaruhi produksi minyak alami dari rambut. Contohnya seperti faktor penuaan, pola hidup yang kurang sehat, hingga teknik perawatan rambut yang kurang baik.

Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kasar. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk membuat rambut yang kering jadi lebih halus. Penasaran apa saja? Yuk ketahui infonya di sini!

Dilansir dari Healthline, rambut yang kering dan kasar tentu membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Sedangkan rambut yang lurus mungkin tidak terlalu memerlukan perawatan. Maka, pastikan memilih produk rambut seperti shampo dan kondisioner yang tepat dengan kondisi rambutmu. Selain itu, ada beberapa cara yang dinilai efektif dapat membuat rambut menjadi lebih halus, antara lain:

Menjaga Kelembaban Rambut Secara Rutin

Kamu dapat mengoleskan minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan, atau minyak almond pada rambutmu. Tujuannya agar kelembaban kulit kepala dan rambut terjaga, sekaligus memberikan nutrisi tambahan bagi rambut. Cobalah untuk mengoleskannya secara perlahan, lalu pijatlah kulit kepala, agar minyaknya dapat meresap masuk ke folikel rambut.

Namun, jika kamu memiliki kulit kepala yang berminyak, cukup oleskan minyak rambut hanya pada helai dan ujung rambut. Hindari menggunakannya secara berlebihan agar tidak meresap ke akar rambut.

Bilaslah Rambut dengan Benar

Ketika ingin membilas atau mencuci rambut, hindari penggunaan air panas. Sebab, air panas dapat menyebabkan kerusakan, terutama pada rambut yang kering. Maka, kamu perlu memilih air hangat sebagai gantinya. Di samping itu, membilas rambut dengan air dingin juga dapat membuatnya lebih halus dan berkilau.

Menggunakan hair mask atau masker rambut seminggu sekali dipercaya dapat membantu mempertahankan minyak alami di rambut. Menariknya lagi, kamu juga dapat membuat hair mask di rumah dengan beberapa bahan alami. Contohnya seperti kombinasi kuning telur dengan alpukat, campuran pasta pisang dan alpukat.

BACA JUGA :  Wagub Sulsel Resmikan 26 Unit Hunian Tetap untuk Korban Banjir Lutra

Untuk mencobanya, kamu hanya perlu mengoleskan masker rambut yang sudah dibuat, lalu diamkan selama satu jam. Setelahnya, bersihkan menggunakan shampo lalu gunakan kondisioner rambut.

Tidak Keramas Setiap Hari

Seiring bertambahnya usia, rambut dapat mengalami perubahan yang signifikan. Orang dewasa yang memiliki rambut sangat kering mungkin hanya butuh keramas setidaknya seminggu sekali. Sedangkan mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut berminyak, mungkin perlu keramas setiap dua hari sekali.

Namun, bila kamu memiliki rambut yang kering tetapi perlu membersihkan rambut setiap harinya, kamu bisa mencoba penggunaan dry shampoo. Penggunaan dry shampoo dapat membasmi minyak dan kotoran, tanpa menghilangkan kelembaban.

Hindari Gaya Rambut Tertentu

Bagi wanita, rambut yang dikuncir terlalu kencang atau penggunaan ikat rambut ketat di dahi perlu dihindari. Sebab, hal tersebut dapat menarik rambut sehingga merusak kutikula. Alhasil, risiko rambut dan kulit kepala yang kering, serta kerontokan rambut yang merata dapat meningkat drastis. Kamu juga perlu menghindari pewarnaan rambut yang terlalu sering karena dapat merusak tekstur rambut.

BACA JUGA :  AC Bisa Picu Dampak Pada Kesehatan Kulit dan Rambut Anda

Bagi pria, hindari gaya rambut tertentu yang membutuhkan penggunaan produk styling rambut seperti wax. Sebab, wax mengandung alkohol, silikon dan sulfat yang dapat membuat rambut dehidrasi dan rapuh. Alhasil, jika digunakan secara berlebihan dan tidak rutin dibersihkan, rambut kasar bisa menjadi dan kusam.

Nah, itulah beberapa cara efektif untuk membuat rambut menjadi lebih halus. Mulai dari menjaga kelembaban rambut secara rutin, hingga menghindari gaya rambut tertentu.

Meski begitu, efek dari beberapa cara tersebut tentunya akan tergantung pada banyak faktor. Sebab, setiap orang akan memiliki pertumbuhan, kualitas, panjang, dan volume yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya bicarakanlah terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit.

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6