29 C
Makassar
Kamis, Juni 30, 2022
BerandaHealthCara Membangun Kembali Motivasi dalam Diri

Cara Membangun Kembali Motivasi dalam Diri

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Hilangnya motivasi acap kali membawa dampak negatif terhadap kualitas hidup. Ini termasuk munculnya banyak masalah kesehatan, dua di antaranya adalah stres dan depresi. Inilah mengapa, kamu perlu tahu bagaimana caranya membangun kembali motivasi dalam diri, sehingga kamu tidak kehilangan arah dan tetap bersemangat menjalani hari, apapun yang terjadi.

  • Buat Tujuan dan Tuliskan

Buat tujuan yang ingin kamu capai dengan lebih jelas, spesifik, realistis, dan pastinya objektif. Lalu, tuliskan dalam buku catatan, atau pada selembar kertas dan tempel di dinding atau setiap sudut yang kamu lalui sehingga kamu bisa membaca dan mengingatnya. Jika memang dibutuhkan, kamu juga bisa menambahkan kata-kata penyemangat dari tokoh favoritmu.

  • Buat Rencana 

Selanjutnya, buatlah rencana dan langkah yang hendak kamu lakukan untuk mencapai apa yang kamu tuju. Jangan lupa, buat target berapa lama kamu harus mencapainya. Pastikan kamu membaginya dalam skala prioritas dan tugas. Jadi, kamu tahu mana yang harus didahulukan, dan bagaimana caranya. Ketika kamu merasa jenuh, jangan dipaksakan, tidak ada salahnya untuk berhenti dan menepi sejenak. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang kamu senangi, lalu mulailah kembali.

  • Jangan Pernah Takut Gagal

Ada kalanya kamu akan mengalami kegagalan, karena kesuksesan tak terjadi dalam proses yang instan. Namun, jangan patah semangat, jadikan hal tersebut suatu pembelajaran. Pasalnya, selalu ada hal yang bisa kamu temukan dan membuat kamu memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Saat kamu merasa beban terlalu berat, tidak ada salahnya berbagi dengan orang-orang yang kamu percayai.

  • Selalu Berpikir Positif

Isi aktivitas sehari-hari dengan berbagai aktivitas positif. Luaskan koneksi dengan orang-orang yang memiliki pandangan masa depan yang baik. Tidak ada salahnya membaca buku motivasi dan pengembangan diri atau mengikuti seminar. Manfaatkan internet untuk mencari berbagai hal baru, peluang baru, dan koneksi baru.

Jangan pernah izinkan pikiran negatif menghampiri, bagaimanapun kondisi dirimu saat itu. Selalu penuhi hati dan pikiran dengan rasa syukur akan apa yang sudah berhasil kamu dapatkan, sekecil apapun hal itu.

  • Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Apresiasi pada diri sendiri sangat penting untuk membuat kamu tetap bersemangat, baik ketika kamu sedang sukses maupun saat sedang menemui jalan buntu. Berikan diri sendiri waktu, mungkin dengan berjalan-jalan ke tempat yang disenangi atau membeli barang yang ingin dimiliki.

Sumber: halodoc.com

 

 

spot_img
spot_img

Headline