31 C
Makassar
Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaHealthCara Menjaga Kesehatan Pernapasan dari Polusi Udara

Cara Menjaga Kesehatan Pernapasan dari Polusi Udara

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Polusi udara yang terjadi saat ini memang sulit dihindari. Untuk itu, perlu adanya upaya dari diri sendiri, agar bisa menjaga kesehatan dari gangguan polusi udara tersebut.

Dilansir dari halodoc.com, beberapa tips untuk menjaga tubuh dari polusi udara, yakni:

1. Menggunakan Masker saat Keluar Rumah

Masker wajah tidak menawarkan perlindungan sempurna terhadap polusi udara. Namun, cara ini dapat berguna untuk menyaring udara yang masuk ke tubuh saat buruk.

Adapun, masker yang paling efektif untuk melindungi tubuh dari pencemaran udara adalah masker industri. Jika sulit, alternatifnya adalah menggunakan masker yang sekali pakai seperti N-95 atau P-100. Fungsinya sama yakni menyaring udara kotor hingga menangkal bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh.

2. Membeli Tanaman Pemurni Udara

Kamu juga bisa, lho, membeli tanaman pemurni udara untuk menyaring polusi masuk ke area rumah. Beberapa jenis tanaman tersebut, antara lain Hedera, Dracaena, Aloe Vera, Palem Kuning, dan Lili Paris.

3. Gunakan Air Purifier

Air Purifier dapat membersihkan udara yang kotor di dalam ruangan. Pasalnya, paparan jangka panjang dari udara yang kotor dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit. Contohnya, penyakit jantung, masalah pernapasan, penurunan kekebalan, hingga kanker.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu juga disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan sehat, agar tubuh terlindungi dari berbagai bahaya akibat polusi udara. Berbagai makanan yang direkomendasikan, antara lain buah, sayur, kacang-kacangan, serta lemak sehat. Asupan vitamin juga disarankan untuk dipenuhi agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

5. Bijak dalam Berolahraga

Saat kualitas udara sedang buruk, alangkah lebih baik untuk berolahraga di taman yang jauh dari kemacetan. Jika tempat tersebut sulit dijangkau, ada baiknya berolahraga di rumah. Pilihan lainnya adalah dengan mendaftar di tempat gym yang di dalam ruangan.

Berolahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan dan memperkuat sistem kardiovaskular pada tubuh. Agar manfaatnya dirasakan tubuh, sebaiknya melakukan hal ini secara rutin.

6. Memiliki Ventilasi yang Baik
Area rumah yang tidak memiliki ventilasi rentan menjadi tempat penumpukan asap, bakteri berbahaya, hingga jamur. Dengan adanya ventilasi, berbagai hal yang dapat membahayakan kesehatan bisa diminimalisir. Alur angin yang baik dapat membuat udara menjadi lebih bersih dan lebih sehat.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan pernapasan dari polusi udara. Dengan menerapkan semua hal yang disebutkan, diharapkan risiko penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara dapat diminimalisir.

spot_img

Headline