31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthCara Pemulihan Trauma Psikis yang Perlu Diketahui

Cara Pemulihan Trauma Psikis yang Perlu Diketahui

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Trauma psikis adalah suatu keadaan trauma psikologis yang menimpa seseorang dan mengganggu. Trauma ini bisa membuat pengidapnya mengingat kembali kejadian buruk yang pernah dialami. Pengidapnya mungkin akan mengalami kesulitan tidur hingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Jika tidak segera ditangani, trauma ini dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan mental seseorang.

Untuk mengetahui tentang cara pemulihan trauma psikis, simak pembahasan berikut ini.

Jangan Mengisolasi Diri

Pengidap trauma perlu dukungan dari lingkungan sekitar. Dengan menjangkau teman dan keluarga, ini dapat mempercepat pemulihan. Jika orang lain memiliki pengalaman yang sama, bicarakan dengan mereka. Mereka mungkin memiliki perasaan yang sama. Buka jalur komunikasi sesegera mungkin setelah peristiwa traumatis.

Cari Bantuan Profesional

Stres yang datang karena peristiwa traumatis bisa sangat mengganggu aktivitas, karena bisa memicu kesedihan, ketakutan, kesedihan, dan depresi. Maka dari itu, berkonsultasilah dengan ahli seperti psikiater atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Terutama jika gejala tersebut terjadi begitu parah di bulan pertama setelah kejadian hingga  mengganggu aktivitas.

Bergabung dengan Support Group

Berbagi kisah dengan orang lain yang juga mengalami pengalaman traumatis, atau sedang mengalaminya, dapat membantu pemulihan setelah trauma. Grup seperti ini tidak hanya akan mendengar, mereka juga dapat memberi solusi tentang cara mengatasi trauma psikis. Untuk mendapatkan kelompok yang dimaksud, pengidap bisa meminta saran kepada dokter atau ahli kesehatan, atau dapat menemukannya secara online.

Hadapi (Jangan Dihindari)

Meskipun mencoba mengabaikan atau melupakan peristiwa traumatis, unsur utama dalam pemulihan adalah belajar untuk baik-baik saja tanpa berusaha menghindarinya. Menghadapi perasaan secara langsung itu penting karena pengidap akan beradaptasi untuk bergerak maju.

Berolahraga

Para ahli mengatakan bahwa olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menangani efek samping dari peristiwa traumatis. Bernapas dalam-dalam, melakukan stretching, dan berjalan adalah pilihan yang baik. Bisa juga mencoba latihan yang lebih menantang atau intens. Namun, jangan memaksakan diri. Jika lelah, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak.

Selain itu, pemulihan bisa dilakukan dengan keluar rumah dan bersosialisasi dengan teman atau tetangga rumah. Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi kebutuhan tidur agar emosi dapat stabil.

Penyembuhan dari trauma merupakan sebuah perubahan besar dan sering kali membutuhkan waktu yang lama. Perjalanan menuju pemulihan ini  mungkin melibatkan rintangan, kegagalan, dan penundaan. Namun, jika dilakukan secara efektif dan teratur, maka pemulihan akan berjalan lancar.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline