24 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeHealthCatat, Penyakit Ini Bisa Menular Lewat Ciuman

Catat, Penyakit Ini Bisa Menular Lewat Ciuman

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penyakit menular memang cenderung menyebar dari satu individu ke individu lain melalui aktivitas seksual. Melakukan seks secara vaginal, oral, hingga anal berisiko sebabkan penyakit ini menyebar dengan mudah.

Cairan kelamin dan kontak fisik yang intens menyebabkan virus atau bakteri mudah menyebar. Karena risiko seks sangat tinggi kalau tidak dilakukan dengan aman, beberapa orang memilih hanya melakukan ciuman atau sekadar berpelukan saja.

Nah, apakah dengan hanya berciuman (ciuman yang menggunakan lidah dan bertukar saliva) kita aman terhadap penyakit menular seksual? Jawabannya adalah tidak. Masih ada beberapa penyakit yang bisa menular melalui ciuman.

BACA: Ciuman Bisa Tularkan HIV/AIDS?

Meski sebagian besar penyakit menular seksual tidak menular melalui ciuman, kita tetap harus waspada kalau ingin melakukan hal ini. Penyakit lain yang berada di sekitar mulut dan saluran pernapasan juga bisa menular dengan mudah ke orang lain, kita ambil contoh sajak TBC.

Penyakit menular seksual yang menyebar melalui ciuman tidak banyak. Ada tiga jenis penyakit yang bisa menularkan virus atau bakteri secara langsung dan tidak langsung seperti dilansir DokterSehat.com.

Herpes

Herpes ada dua jenis pertama yang HSV-1 atau sering disebut dengan nama oral herpes da yang kedua HSV-2 atau herpes genital. Keduanya bisa masuk dengan mudah ke tubuh dan menyebabkan masalah kalau daya tahan tubuh anjlok. Virus ini mampu menular melalui aktivitas apa pun termasuk ciuman yang intens.

BACA: Putus dari Ariel Noah, Kini Sophia Latjuba Pamer Foto Ciuman dengan Jeremy Thomas

Herpes muncul dalam bentuk inflamasi di kulit dan muncul bisul kecil dalam jumlah banyak. Saat daya tahan anjlok, virus akan mulai aktif dan menyebabkan masalah seperti perasaan panas di sekitar kulit dan demam tinggi.

Cytomegalovirus

Selain ditularkan melalui ciuman, penyakit CMV ini juga bisa menular ke orang lain melalui urine, darah, cairan mani, dan air susu. Tanda penyakit kalau muncul pada tubuh adalah perasaan lelah, tenggorokan sakit, demam, dan sekujur tubuh terasa sakit dan tidak nyaman.

Sifilis

Secara umum sifilis memang tidak secara langsung menyebabkan masalah pada tubuh kalau Anda dan pasangan berciuman. Penularan juga lebih banyak terjadi melalui aktivitas seks mulai dari anal, vaginal, dan oral. Sayangnya, sipilis juga bisa menular kalau ada luka di dalam mulut seseorang.Kalau seseorang memiliki sifilis dan menyebabkan luka di dalam mulutnya, kemungkinan besar menular akan besar.

Apalagi kalau seseorang melakukan ciuman dengan intensitas tinggi dan menggunakan lidah dan gigi.. Kalau terjadi luka penularan bisa cepat terjadi dan dalam beberapa hari sudah menyebar ke seluruh tubuh.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img