32 C
Makassar
Kamis, Desember 8, 2022
BerandaEdukasiCulture Day TK Islam Athirah 1 Makassar

Culture Day TK Islam Athirah 1 Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – TK Islam Athirah 1 mengenalkan budaya yang ada di Indonesia melalui kegiatan Culture Day. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium lantai 3 Sekolah Islam Athirah jalan kajaolalido no 22 makassar, Kamis (27/10/22).

Kegiatan Culture Day merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan TK Islam Athirah untuk mengenalkan berbagai budaya yang ada di Indonesia. Kegiatan tersebut mengusung tema “Kita Semua Bersaudara”.

Semua anak didik, guru, dan kepala sekolah terlibat dalam kegiatan tersebut. Turut hadir Ketua Badan Musyawarah Jamiah (BMJ) sekolah Islam athirah dan orang tua anak didik untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  Guru TK Islam Athirah 1 Makassar Ikuti Pelatihan Senam dan Tari

Kepala TK Islam Athirah 1, Siti Khotijah S. Pd. menyampaikan tujuan dari kegiatan Culture Day yaitu mengenalkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Walaupun pakaian yang yg dipakai berbeda-beda tetapi tetap bersaudara.

“Kegiatan Culture Day ini bertujuan untuk megenalkan kepada anak tentang keberagaman dan toleransi sebagai upaya untuk menanamkan rasa cinta pada tanah air. Anak- anak mulai belajar mengenal perbedaan dengan membandingkan baju yg dipakainya dengan baju yang dipakai oleh temannya mulai dari warnanya, modelnya, aksesorisnya, dll. Disinilah peran guru dan orang tua memberikan pijakan bahwa meskipun berbeda- beda bajunya tetap bersaudara”.ucapnya.

Semua anak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, ada yang mengenakan pakaian adat bugis Makassar, Toraja, Bali, Aceh, Padang, Betawi dan Papua.

BACA JUGA :  Guru TK Islam Athirah 1 Makassar Ikuti Pelatihan Senam dan Tari

Anak didik mengenal budaya Indonesia melalui pakaian adat yang dikenakan, makanan tradisional, ada juga tampilan gerak dan lagu daerah, serta tampilan permainan tradisional. Anak juga diajak untuk cooking season membuat barongko salah satu kue khas bugis makassar.

Bella Tiara, S. IP. salah satu orang tua anak didik mengatakan bahwa melalui kegiatan ini anak bisa mengenal keberagaman budaya dari berbagai daerah melalui pakaian yang dikenakan, makanan tradisional, serta permainan tradisional yang ditampilkan

”Kegiatannya sangat mendidik sehingga anak dapat mengenal berbagai budaya di Indonesia tidak hanya budaya makassar tetapi ada juga Jawa, kalimantan, dan sumatera. Tadi juga ada anak-anak yang bertanya kepada temannya baju apa yang dipakai. Melalui kegiatan ini memudahkan anak-anak mengenal budaya yang ada di Indonesia. Selain itu permainan tradisional yang ditampilkan juga sangat menarik, membantu anak mengenal permainan tradisional bukan hanya permainan game yang ada digedget”. tuturnya.

spot_img

Headline

Populer