25 C
Makassar
Jumat, Mei 20, 2022
BerandaParlemanDewan Dorong PDAM Lakukan Investasi Untuk Ganti Pipa Tua di Makassar

Dewan Dorong PDAM Lakukan Investasi Untuk Ganti Pipa Tua di Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar, Wahab Tahir mendorong Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) agar segera melakukan investasi untuk mengati pipa saluran air.

Pasalnya, di Kecamatan Barukang Utara dan Kecamatan Ujung Tanah adalah kota tua yang sudah hampir satu abad lamanya.

“Jadi wajar kalau pipanya rusak atau bocor karena itu tidak pernah di ganti oleh pihak PDAM Makassar,”ungkap Wahab Tahir saat ditemui di Kantor DPRD Kota Makassar, Rabu (29/8/2018).

BACA: PDAM Makassar Sebut Kualitas Air Bersih Akan Menurun

Olehnya itu, Wahab menyarankan pihak terkait agar segera melakukan investasi demi memenuhi kebutuhan air masyarakat di dua kecamatan tersebu. Terlebih ketika keadaan airnya sudah tidak layak untuk dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“PDAM harus melakukan investasi untuk menganti pipa yang sudah rusak,” pungkas legislator DPRD Kota Makassar yang juga Sekretaris DPD II Golkar Makassar itu.

Sebelumnya, Kabag Humas PDAM Makassar, Muhammad Idris mengatakan, adanya perubahan warna air PDAM ke para pelanggan tersebut karena terjadi kebocoran internal pada pipanisasi sebelum ke pelanggan.

BACA: Uang PDAM Makassar Diduga Raib, Dewan Kembali Pertanyakan

“Pada saat air tidak lagi mengalir atau dalam kondisi off maka material dari luar secara otomatis masuk ke pipa yang bocor, seperti tanah hingga air comberan di selokan,”ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada saat PDAM mendistribusi air ke pelanggan terbawalah material tersebut sehingga membuat air yang disalurkan menjadi keruh dan tidak layak dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Dia juga membantah jika keruhnya air ke para pelanggan akibat pengaruh pengambilan air baku yang kotor, sama sekali tidak benar adanya. “Air baku yang dikelola telah melewati beberapa proses penyaringan,”tutupnya.

BACA JUGA :  PDAM Gratiskan Suplai Air di Rumah Ibadah Selama Ramadan

 

Pipa PDAM di Ujung Tanah Adalah Peninggalan Belanda

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir sesalkan PDAM Makassar, sebab penyebab dari keruh dan baunya air yang sampai ke masyarakat merupakan kebocoran pipa utama tersebut.

Menurut Wahab, pipa tersebut merupakan peninggalan sejak jaman Belanda dulu, oleh karena itu PDAM harus mengambil langkah tegas untuk segera mengganti pipa tersebut.

“Pipa di sana (Kecamatan Ujung Tanah dan Tallo) itu sudah tua makannya harus di ganti, itu kan pipa peninggalan Belanda semua,”tegas politisi Golkar Makassar ini.

Selain itu, Wahab Tahir juga berharap kedepannya PDAM Makassar dapat membuat terobosan agar dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di dua kecamatan tersebut.

“Harusnya segera ada inisiatif lain bagi PDAM Makassar supaya bisa penuhi kebutuhan masyarakat. Seperti dibuatkan bak khusus penyimpanan air dan itu harus digratiskan,” pungkasnya.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3