26 C
Makassar
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaDaerahDompet Dhuafa Bantu Pembangunan Masjid di Ponpes Roudhotul Huffadz Jeneponto

Dompet Dhuafa Bantu Pembangunan Masjid di Ponpes Roudhotul Huffadz Jeneponto

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan menggelar acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid An-Najm di Pondok Pesantren Roudhotul Huffadz, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (7/4).

Acara peletakan batu pertama ini dihadiri oleh Bapak Bupati, Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, Wakil Ketua DPRD Jeneponto, Ketua Camat Binamu, Lurah Empoang, Humas Pemda, Tokoh Masyarakat, Para Donatur, dan para santri Forum Halaqah Quran An-Najm.

Mesjid yang akan dibangun ini berada di halaman pesantren Roudhotul Huffadz nantinya akan dimanfaatkan untuk para santri di pondok pesantren untuk ibadah sehari-hari dan juga untuk dijadikan sebagai tempat menghafal alquran.
Seperti yang telah diutarakan Ust Abdurrahman selaku pembina pesantren dalam sambutannya bahwa “Mesjid ini insya allah nantinya akan menjadi tempat penunjang 1000 hafhidz. Sejak didirikannya pesantren ini sejak 2013, para santri hanya menumpang di mesjid dan musholah terdekat untuk beribadah. Saat ini ada sekitar 70 santri yang tinggal di pesantren ini dan alhamdulillah dengan adanya mesjid ini nantinya juga akan memudahkan para santri dalam menghafal Alquran. Jadi tidak perlu lagi menumpang di mesjid terdekat,” kata Ust Abdurrahman.

“Alhamdulillah pembangunan pesantren dan mesjid ini juga berkat kebaikan bapak H. Hambali yang telah mewakafkan tanahnya untuk kemaslahatan ummat,” tambahnya.

Nurwana sebagai manager program Dompet Dhuafa Sulsel juga menyampaikan “Indonesia tidak kekurangan orang baik. Ada banyak orang baik diluar sana yang memberikan donasinya melalui Dompet Dhuafa untuk membantu berdirinya mesjid ini. Alhamdulillah hingga saat ini, Dompet Dhuafa telah menghimpun dana dari kitabisa.com sekitar 560 juta rupiah untuk pembangunan Mesjid An-Najm, angka ini diharapkan terus meningkat sesuai dengan target DD yaitu menghimpun dana 1 Miliyar,” ungkap Nurwana.

BACA JUGA :  Dompet Dhuafa Sulsel Dirikan Dapur Ramadan di Lokasi Pengungsian Gempa Majene
BACA JUGA :  Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Bersatu Kembali Bangun Wamena

Dompet Dhuafa juga ingin menjadi mitra pemerintah dalam mengentas kemiskinan melalui pemberdayaannya. Saat ini DD telah berekspansi ke Jeneponto melalui Forum Halaqah Quran, dan nantinya juga akan menggaet mitra pengolah zakat (MPZ) yang akan membantu menghimpun dana zakat untuk membantu menuntaskan kemiskinan.

Acara peresmian peletakan batu pertama ini diawali dengan pemasangan masker kepada para santri, lalu dilanjutkan pemberian donasi dari PGRI Jeneponto kepada pihak pesantren, kemudian ditutup dengan aksi peletakan batu oleh bapak Bupati Jeneponto dengan jajarannya.

Dalam acara peletakan batu pertama ini, bapak Bupati Jeneponton Drs. H. Ikhsan Iskandar juga memberikan dana donasi untuk pembangunan mesjid pesantren. Beliau juga mengharapkan Mesjid An-Najm bisa segera menyelesaikan pembangunan agar ramadhan tahun depan bisa digunakan untuk aktivitas keagamaan.(Rls)

spot_img
spot_img
- Advertisment -

Headline