24 C
Makassar
Kamis, Januari 20, 2022
BerandaDaerahDorong Peningkatan Pertanian, Pemkab Gowa Beri Bantuan ke Gapoktan

Dorong Peningkatan Pertanian, Pemkab Gowa Beri Bantuan ke Gapoktan

- Advertisement -

SUMGGUMINASA, SULSELEKSPRES.COM – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahkan sejumlah alat-alat pertanian kepada Gabung Kelompok Tani (Gapoktan) di sela-sela kunjungan kerja (Kunker) di Lapangan Kantor Desa Pattallassang, Kecamata Pattallassang.

Alat pertanian yang diberikan salah satunya 1 unit mobil traktor, benih padi, benih jagung, alat tanam jagung, dan alat penyiraman atau sprayer.

Bupati Adnan mengatakan, bantuan alat pertanian dan benih tersebut sebagai upaya nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk meningkatkan hasil pertanian. Khususnya di Kecamatan Pattallassang.

“Kita ingin hasil pertanian baik padi maupun jagung yang ada di Gowa semakin baik dan meningkat. Apalagi dengan melihat potensi pertanian yang dimiliki daerah yang kita cintai ini,” katanya, Selasa (9/4/2019).

Langkah lainnya yang akan didorong, lanjut Bupati Adnan, yaitu membangun Bendungan Jenelata di Kecamatan Manuju yang ditargetkan rampung pada 2022 atau paling lambat 2023 mendatang. Pasalnya mega proyek dengan anggaran sekitar Rp3 triliun ini bukan hanya menampung 240 juta meter kubik (m2) air, tetapi juga akan mengaliri 25.000 hektare (Ha) sawah di wilayah Gowa.

“60 persen masyarakat di Gowa adalah petani sehingga ini akan menjadi berkah bagi para petani dan kita semua secara menyeluruh,” ujarnya.

Tak hanya itu Bendungan Jenelata ini dapat mereduksi banjir, sehingga diharapkan di tahun-tahun mendatang tidak lagi terjadi banjir di Kecamatan Pattallassang, Bontomarannu, dan Kecamatan Sombaopu yang memang telah menjadi langganan banjir saat ini.

Penulis: M. Syawal

BACA JUGA :  Adnan Harap Pengurus KNPI Terus Terlibat Memajukan Pemuda di Sulsel
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6