23 C
Makassar
Sabtu, April 17, 2021
BerandaPolitikEdukasi Masyarakat Soal Bahaya Politik Uang Harus Massif

Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Politik Uang Harus Massif

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Ali Armunanto, mengatakan politik uang memang bukan fenomena baru. Tetapi ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut.

Edukasi kepada masyarakat dan sanksi berat bagi bakal calon merupakan salah satu metode yang perlu dimassifkan, agar budaya politik uang bisa lepas dari momentum pemilihan umum (Pemilu).

Menurut Ali, saat ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan edukasi. Sebab saat ini ancaman politik uang sudah mulai mengancam masyarakat.

“Saya kira sosialisasi memang bisa jadi salah satu metode efektif untuk meminimalisir praktik politik uang. Edukasi ke masyarakat penting sekali. Sementara sanksi untuk bakal calon saya kira sudah paling berat itu. Sebab kandidat langsung didiskualifikasi kalau kedapatan,” ujar Ali.

Lebih lanjut Ali mengatakan, politik uang cenderung sulit dihilangkan sebab hal itu merupakan cara cepat para kandidat untuk memperoleh suara dukungan.

“Memang agak sulit dihilangkan, karena politik uang jadi cara paling efektif untuk dapat suara dengan cara cepat. Tetapi perlu diingat, bahwa itu tidak dibenarkan,” lanjut Ali.

Dengan begitu, Bawaslu Makassar mengambil inisiatif menggandeng media dalam upaya munurunkan upya praktik polotik uang melalui pengawasan di lapangan.

 

- Advertisment -

Headline