29.8 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaRagamFenomena Kambuhnya Asam Urat di Malam Hari

Fenomena Kambuhnya Asam Urat di Malam Hari

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Serangan dari penyakit yang menyerang persendian ini juga seringkali terjadi di malam hari sehingga memicu gangguan tidur yang cukup parah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Arthritis and Rheumatology pada 2014 silam dilansir DokterSehat mengungkapkan, bahwa serangan asam urat memang cenderung lebih sering terjadi di malam hari dibandingkan dengan di malam hari. Perbandingan frekuensi serangan di antara kedua waktu tersebut bahkan bisa mencapai dua kali lipat.

BACA: Alkohol Bisa Timbulkan Asam Urat

Sayangnya, pakar kesehatan hingga saat ini belum bisa benar-benar menemukan apa penyebab peningkatan dari frekuensi serangan asam urat ini di malam hari. Mereka masih menduga bahwa hal ini terkait dengan menurunnya suhu tubuh yang memang secara alami terjadi saat kita tidur malam.

Salah satu mekanisme yang dilakukan tubuh agar bisa tidur malam adalah dengan menurunkan suhu internal tubuh. Sayangnya, hal ini ternyata bisa mempengaruhi kristal asam urat yang ada di dalam persendian.

BACA: Ini Cara Mengontrol Penyakit Asam Urat

Kristal-kristal yang berbentuk runcing ini cenderung semakin menumpuk dan akhirnya memicu peradangan pada persendian. Gejalanya dari peradangan ini bisa berupa sensasi panas dan nyeri yang luar biasa hingga persendian yang sulit untuk digerakkan.

BACA JUGA :  Asam Urat Sering Menyerang di Malam Hari
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3