30 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaMetropolisGaji ASN Pemkot Makassar Dipotong Tiap Bulan Buat Zakat

Gaji ASN Pemkot Makassar Dipotong Tiap Bulan Buat Zakat

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Gaji aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Makassar mulai bulan depan akan dipotong secara rutin tiap bulan untuk pembayaran zakat fitrah. Khusus pegawai muslim, dengan besar potongan 2,5%.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar, mengatakan bahwa hal itu berlaku setelah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkot Makassar dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal itu dilakukan untuk mempermudah tiap ASN untuk membayar zakat.

BACA: PDAM Gratiskan Suplai Air di Rumah Ibadah Selama Ramadan

“Ini sebagai upaya memaksimalkan mengumpulkan zakat-zakat yang ada di ASN. Ini efektif apalagi fimudahkan lagi dengan MoU ini,” katanya.

Dalam program kesepakatan itu, baru 11 SKPD Pemkot Makassar yang menandatangani persetujuan permotongan gaji untuk zakat. Dia pun meminta Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkot Makassar segera menindaklanjuti SKPD yang belum sempat hadir.

BACA: Imigrasi Makassar Deportasi WNA Asal China

Dengan adanya program ini juga, kata Anzhar para pegawai merasa ringan. Karena, selama ini oarang malas untuk melakukan itu, sebab dianggap nilainya cukup kecil.

“Sesungguhnya, banyak orang mau tapi malas melakukan itu. Karena dianggap kecil mungkin. Tapi kalau dikali banyak pegawai, nilai jadi besar, Jadi kita juga pegawai merasa terbantu,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, baru 11 SKPD Pemkot Makassar yang baru menandatangani persetujuan permotongan gaji untuk zakat. Dia pun meminta Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkot Makassar segera menindaklanjuti SKPD yang belum sempat hadir.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA :  Perayaan Hari Jadi Kota Makassar ke-413 Ditunda
spot_img

Headline