22 C
Makassar
Friday, June 21, 2024
HomeDaerahHari Hipertensi Sedunia, RSUD Andi Makkasau Edukasi Masyarakat

Hari Hipertensi Sedunia, RSUD Andi Makkasau Edukasi Masyarakat

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia 17 Mei 2024, Manajemen RSUD Andi Makkasau memberi edukasi bagi masyarakat.

Hal itu, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang penyakit hipertensi, serta mengenalkan gejala, faktor risiko, maupun cara pencegahan hipertensi.

Dalam sesi edukasi, tim medis RSUD Andi Makkasau memaparkan berbagai gejala atau keluhan yang sering muncul pada penderita hipertensi, di antaranya, sakit kepala dan pusing, jantung berdebar-debar, Rasa sakit di dada, gelisah, penglihatan kabur dan mudah lelah.

Selain mengenali gejala-gejala tersebut, masyarakat juga diberikan tips untuk mencegah dan mengontrol hipertensi.

Beberapa langkah yang disarankan antara lain, mengetahui tekanan darah, dengan tekanan darah normal berada pada 120/80 mmHg, minum obat secara teratur dan sesuai anjuran dokter, berhati-hati dalam menggunakan obat bebas, melakukan kontrol tekanan darah secara teratur.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur minimal 30 menit per hari, mengonsumsi makanan bergizi dengan mengurangi konsumsi garam, menghindari minuman beralkohol dan merokok, mencukupi kebutuhan tidur, diet dengan menggunakan gizi seimbang, mempertahankan berat badan dalam kondisi ideal.

Pihak menajemen RSUD Andi Makkasau melalui Plt. Kabid Infokom, Martha Iskandar menyatakan, edukasi ini penting untuk mencegah komplikasi serius akibat hipertensi.

“Dengan pengetahuan yang cukup, dan penanganan dini, masyarakat bisa mengambil langkah preventif yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka,” katanya.

Dia menjelaskan Hari Hipertensi Sedunia yang diperingati setiap tahun ini menjadi momentum bagi RSUD Andi Makkasau, untuk terus mengedukasi dan mengajak masyarakat hidup lebih sehat.

Pihaknya juga mengharapkan dengan kegiatan seperti ini, kesadaran akan pentingnya menjaga tekanan darah tetap normal semakin meningkat di kalangan masyarakat Parepare.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img