26 C
Makassar
Rabu, Mei 25, 2022
BerandaNasionalIndonesia Siap Menuju Industri 4.0

Indonesia Siap Menuju Industri 4.0

- Advertisement -

JAKARTA, SULSELEKSPRES.COM – Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelengarakan Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jl. Merdeka Barat no.9 Jakarta Pusat.

Dengan membawa topik “Indonesia Siap Menuju Revolusi Industri 4.0”, forum ini dihadiri oleh narasumber Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerha Bambang Sario, dan Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Leonard Tampubolon.

“Revolusi Industri 4.0 tidak hanya berpotensi luar biasa dalam merombak industri, tapi juga mengubah berbagai aspek kehidupan manusia,” tekan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, dilansir dari situs resmi istana, Rabu (18/4/2018).

Airlangga menjelaskan, memasuki revolusi 4.0 akan terjadi banyak perubahan pada sektor manufaktur, namun pada dasarnya hal yang berubah pada masa transisi ini adalah adanya peningkatan efisiensi yang lebih tinggi.

Fase ini ditandai oleh sistem mekanisme produksi yang semakin berbasis serba mesin, otomatisasi atau teknologi robotik dan sistem komputerisasi yang menuntut tenaga kerja dengan tingkat penguasaan keahlian tinggi keahlian menengah dan rendah.

“Perbedaannya dengan industri 3.0, jika dulu produksi ditekan oleh profit yang akan dihasilkan kini proses industri lebih menekan harga dan cost, namun tetap dengan meningkatkan value yang ada,” jelas Airlangga lagi.

Menperin juga menegaskan bahwa dengan kemunculan faktor pendukung tersebut harus dikembangkan dengan kemampuan menciptakan Prototype Industry, Peningkatan private security demi peningkatan keamanan property rights, dengan melihat pada apa yang terjadi oleh Facebook saat ini.

“Isunya ke depan adalah bagaimana kita membuat proyek percontohan dan berikutnya adalah masalah kemanan data. Kasus bocornya data pribadi di AS dengan Facebooknya dapat dijadikan contoh. Sehingga masalah Hak intelektual menjadi kunci bagi pengembangan revolusi Industri 4.0,” tambahnya.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3