31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealthIni Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami

Ini Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang dibutuhkan manusia untuk dapat hidup. Dibalik segala fungsinya, kesehatan paru-paru juga bisa terancam. Terlebih jika kamu menghirup udara yang terkontaminasi berbagai polutan, mulai dari bahan kimia, asap kendaraan, dan asap rokok yang dapat merusak aru-paru.

Mengingat hal tersebut, penting bagi setiap orang membersihkan paru-paru untuk mencegah gangguan pernapasan. Seperti asma, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), atau fibrosis kistik. Pembersihan paru-paru juga diperlukan oleh orang merokok atau menjalani pengobatan dengan obat hirup.

Lantas, bagaimana cara membersihkan paru-paru secara alami?

Beberapa Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami

Ada berbagai cara membersihkan paru-paru, misalnya dengan mengubah gaya hidup dan berolahraga.

1. Terapi uap

Cara membersihkan paru-paru yang pertama adalah dengan terapi uap. Terapi ini dilakukan dengan menghirup air uap agar saluran udara terbuka, serta lendir yang kental jadi lebih encer.

Cara ini sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah pada paru-paru. Sebab, uap hangat dan lembap dapat memperlancar pernapasan sekaligus melonggarkan jalur lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Setelah melakukan terapi uap, kamu langsung bisa bernapas lebih mudah.

2. Ganti semua filter udara yang ada di rumah

Untuk mendapatkan udara yang bersih, kamu juga perlu mengganti semua filter udara di rumah dan bersihkan semua ventilasi. Termasuk ventilasi kamar mandi, ventilasi dapur, filter pada alat penyedot asap kompor, hingga filter AC.

3. Hindari menggunakan pewangi ruangan

Sering kali orang berpikir bahwa lebih nyaman jika ruangan yang ditinggali memiliki aroma wangi. Sebagian besar orang memilih menggunakan lilin aroma terapi atau alat pewangi ruangan otomatis. Padahal, aroma tersebut sering kali mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan paru-paru. Bahan. aroma dari produk pewangi apa pun juga dapat mengiritasi paru-paru, lho.

4. Luangkan lebih banyak waktu di luar ruangan

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya yaitu dengan menghabiskan waktu di luar ruangan supaya mendapatkan lebih banyak udara segar. Dengan mendapatkan banyak udara segar, jaringan di paru-paru jadi lebih bersih dan sehat, sehingga fungsinya pun jadi lebih optimal.

Namun, pastikan udara di luar rumah memang sedang bersih. Hindari berolahraga di luar di jam-jam ramai kendaraan bermotor serta jauhi pembakaran sampah atau jenis asap lainnya. Sebaiknya pilih waktu di pagi hari untuk mendapatkan udara segar, atau pergilah ke tempat yang banyak pepohonan.

5. Ubah pola makan

Cara membersihkan paru-paru yang tidak kalah efektif adalah dengan mengubah pola makan. Nyatanya, pola makan yang sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru, termasuk:

Mengonsumi makanan yang banyak mengandung vitamin D. Sebab vitamin D dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan terbukti dapat mengurangi serangan asma. Sumber vitamin B adalah produk hewani, seperti ikan, telur, dan daging.

Makan dan minum sumber makanan yang bersifat antiinflamasi. Misalnya teh hijau, brokoli, kunyit, buah beri, dan cokelat hitam.

Konsumsi lemak sehat dan rendah karbohidrat. Sebab, metabolisme karbohidrat justru menghasilkan karbon dioksida lebih banyak, sedangkan metabolisme lemak sehat menghasilkan lebih banyak oksigen.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer