32 C
Makassar
Friday, May 24, 2024
HomeHealthIni Waktu Terbaik untuk Olahraga Jogging

Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga Jogging

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jogging termasuk sebagai jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Sebab, olahraga ini dianggap ringan karena bisa dilakukan dengan berjalan atau lari kecil. Meski dianggap ringan, jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat dilakukan tanpa membutuhkan peralatan khusus.

Namun, waktu terbaik untuk melakukan olahraga ini masih menjadi perdebatan. Sebab, kebanyakan orang berpikiran kalau jogging paling baik dilakukan di pagi hari. Sebagian lainnya berpikiran kalau aktivitas fisik ini sebaiknya di sore hari.

Waktu Terbaik untuk Olahraga Jogging

Sebenarnya olahraga jogging bisa dilakukan pagi dan sore hari. Sebab, dilakukan pada pagi atau sore hari, keduanya sama-sama memiliki manfaatnya bagi tubuh. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaatnya:

1. Jogging di Pagi Hari

Idealnya, waktu di pagi hari yang tepat untuk jogging adalah pukul 05.30 hingga 07.00 WIB. Tetapi kamu juga masih dapat melakukannya pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise mengevaluasi bagaimana wanita merespons makanan setelah berolahraga di pagi hari. Partisipan studi ini dibedakan menjadi dua golongan yaitu mereka yang memiliki berat badan sehat, dan mereka yang obesitas.

Ketika kedua kelompok tersebut berjalan cepat selama 45 menit, mereka tidak terlalu terganggu oleh foto makanan yang tampak lezat. Dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Berdasarkan aktivitas pagi ini, pada hari-hari para peserta berolahraga di pagi hari, mereka juga meningkatkan aktivitas fisik mereka sepanjang hari lebih banyak daripada hari-hari mereka tidak berolahraga di pagi hari. Manfaat tambahan dari berolahraga di pagi hari termasuk peningkatan metabolisme, yang berarti kamu akan terus membakar kalori sepanjang hari.

2. Jogging di Sore Hari

Meskipun sepertinya pagi hari adalah waktu yang ideal untuk berolahraga, berolahraga di sore hari juga tidak ada salahnya. Idealnya kamu bisa melakukannya pada sore hari yaitu pukul 16.30 hingga 18.00 WIB. Satu studi menemukan bahwa kemampuan tubuh untuk bergerak secara dinamis akan lebih maksimal di sore hari. Sebab, suhu tubuh akan meningkat sepanjang hari, hal ini membuat tubuh dapat mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Selain itu, kinetik pengambilan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti kamu bisa menggunakan energi secara lebih lambat dan efektif daripada di pagi hari.

Sebaliknya, berolahraga di pagi hari juga bisa memerlukan tambahan pemanasan tambahan untuk rutinitas, yang bisa menghilangkan fokus latihan. Selain itu, pada sore dan malam hari, waktu reaksi tubuh dianggap paling cepat, sehingga cocok untuk melakukan olahraga seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Sore hari juga merupakan saat detak jantung dan tekanan darah paling rendah, yang mengurangi kemungkinan cedera sekaligus meningkatkan performa atletis.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Pastikan untuk menjalani olahraga ini secara tidak sembarangan agar terhindar dari cedera atau hal yang tidak diinginkan. Karena itu, perhatikanlah beberapa hal ini:

Gunakan perlengkapan yang tepat seperti menggunakan sepatu lari.

Jangan berlebihan dan hindari memaksakan tubuh.

Bicaralah dengan dokter terlebih dahulu, khususnya jika kamu obesitas atau sudah lama tidak berolahraga.

Itulah penjelasan mengenai kapan waktu yang terbaik untuk melakukan jogging. Pastikan juga untuk menerapkan pola hidup sehat yang lain. Salah satunya seperti memeriksakan kondisi kesehatan secara berkala. Sebab, hal ini bermanfaat untuk mendeteksi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu sedari dini.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img