26 C
Makassar
Selasa, November 29, 2022
BerandaHealthIntip 5 Tips Awet Muda di Usia 50 Tahun

Intip 5 Tips Awet Muda di Usia 50 Tahun

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sampai sekarang, tren kecantikan ala Korea Selatan masih menjadi favorit, terutama wanita Indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan dan perawatan kulit asal Negeri Ginseng tersebut yang laris terjual di Indonesia.

Bahkan, kecantikan yang dimiliki wanita Korea mampu bertahan hingga usia paruh baya, lho! Sebenarnya, apa sih tips awet muda yang dilakukan sehingga bisa mendapatkan kulit bersih, halus, cerah, dan minim tanda penuaan?

Rahasia dan Tips Awet Muda Ala Korea

Kepopuleran Korea Selatan tak sebatas pada musik dan serial dramanya. Produk skincare dan kecantikan, makanan, hingga tren berpakaian juga diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. Kalau kamu juga ingin terlihat flawless dan awet muda seperti orang Korea, yuk simak tipsnya berikut ini!

Fokus pada skincare, bukan kosmetik

Tips awet muda ala Korea yang paling pertama adalah fokus dengan produk perawatan kulit alias skincare, bukan produk kecantikan atau kosmetik. Masyarakat Korea memang sangat rutin melakukan perawatan kulit. Mulai dari memakai toner, essence, pelembap dengan kandungan yang ringan, dan tak lupa tabir surya.

Merawat kulit dengan skincare rutin justru akan memberikan hasil yang lebih optimal untuk kulit yang lebih cerah, bersih, dan mulus dibandingkan dengan menutupnya menggunakan riasan tebal. Justru, riasan yang dipakai wanita Korea cenderung tipis dan sangat light.

Memulai perawatan kulit sejak dini

Masyarakat Korea memiliki pemahaman yang sangat baik tentang kulit sejak masih berusia muda. Sebab, mereka diajarkan mengenai pentingnya menggunakan tabir surya dan menghindari paparan berlebih sinar matahari langsung untuk waktu lama.

Tak hanya itu, masyarakat Korea juga rutin berkunjung ke dokter kulit bukan untuk mendapatkan solusi, tetapi juga melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan kulit. Tidak lupa, melakukan rutinitas perawatan kulit dengan memakai skincare yang dianggap menyenangkan dan bagian dari aktivitas, bukan kewajiban.

Menariknya, perawatan kulit di Negara Korea ternyata dimulai ketika usia 6 bulan dengan mulai menggunakan topi maupun pakaian yang dapat memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Tidak lupa pula untuk menggunakan tabir surya.

Selain membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, aktivitas ini juga membantu mencegah kerusakan pada kulit karena sinar matahari yang berujung pada munculnya tanda penuaan dini.

Memakai humidifier atau pelembap udara

Kalau kamu suka menonton drama atau film Korea, kamu pasti kerap melihat adanya pelembap udara atau humidifier hampir di setiap ruangan, bahkan termasuk di rumah sakit.

Inilah tips awet muda selanjutnya yang diterapkan oleh masyarakat Korea. Saat tingkat kelembapan udara lebih tinggi, penguapan kelembapan dari kulit ke lingkungan akan menjadi lebih rendah.

Sebaliknya, ketika udara sedang begitu kering, misalnya kamu menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan dingin karena AC, air akan lebih mudah menguap dari lapisan epidermis kulit.

Melakukan pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan

Tak banyak yang tahu kalau tren kecantikan Korea atau K-beauty sebenarnya mengacu pada filosofi skin-first. Filosofi ini berpusat pada menangani permasalahan kulit langsung pada penyebab yang mendasarinya, tidak hanya gejalanya.

Pendekatan pencegahan memiliki peran yang sangat penting dalam perawatan antipenuaan pada kulit. Tak hanya itu, praktik pendekatan ini juga dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang menenangkan, termasuk ginseng dan mugwort yang memang dipakai dalam perawatan rutin kecantikan kulit wajah Korea.

Pola makan dan pola hidup sehat

Supaya bisa mendapatkan kulit sehat dan tampak awet muda, tidak boleh lupa untuk menjaga pola makan seimbang. Masyarakat Korea senang mengonsumsi sayuran seperti kimchi dan bibimbap. Wortel, salah satu sayuran yang dicampur dalam bibimbap memiliki kandungan beta karoten yang sangat baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer