24 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeDaerahJembatan Watu Senilai Rp10,5 M Diresmikan Gubernur

Jembatan Watu Senilai Rp10,5 M Diresmikan Gubernur

PenulisYusnadi
- Advertisement -

WATAMPONE, SULSELEKSPRES.COM – Jembatan Watu di Desa Watu, Kecamatan Cenrana,  diresmikan, Sabtu (9/1/2021), oleh Gubernur Sulawesi Selatan  H.M. Nurdin Abdullah, bersama Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi, meresmikan megah proyek Jembatan Sungai Watu dengan kucuran anggaran senilai Rp10,5 Miliar dari bantuan Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Bone H.A. Fahsar M Padjalangi menceritakan awal kronologi pembangunan Jembatan Sungai Watu.

“Awalnya masyarakat menggunakan pincara melintasi Sungai Watu. Pada awal tahun 1995 hingga 1996 tuntas dibangun pada masa Zainal Basri Pallaguna dan Bupati Muhammad Amir,” kata A Fahsar.

“Jembatan ini pertama kali dibangun ditahun 1995 tapi bukan permanen setiap saat pemerintah dibully lantaran jembatan ini hanya beralaskan kayu. Kayu rusak setiap tiga bulan. Sebelumnya, akses masyarakat menyeberang jembatan Watu hanya menggunakan pincara. Alhamdulillah, hari ini sudah dibangun dan diresmikan jembatan permanen. Lantainya sudah menggunakan beton,” lanjut mantan Camat Tanete Riattang.

Bupati Bone dua periode ini mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulsel atas bantuannya kepada Kabupaten Bone.

“Terima kasih sebesar-besarnya Pak Gub atas bantuan dan perhatiannya terhadap Kabupaten Bone,” ucapnya.

Kendati demikian, kata Bupati Bone dua periode, mimpi masyarakat Cenrana mempunyai Jembatan Permanen akhirnya terwujud pada masa Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah – Andi Sudirman, S.T.

“Alhamdulillah berkat program bapak Gubernur memperhatikan kabupaten/kota dengan program daerah bawahan. Ini bisa terwujud. Jembatan ini menghubungkan 11 desa di sebelah utara dan 4 desa di sebelah selatan. Makanya sangat vital bagi masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut Fahsar mengungkapkan pada tahun 2020, Gubernur Sulsel membantu Bone khusus sarana jalan dan jembatan ada Rp84 Miliar. Ada dua jembatan Jembatan Sungai Watu dan Sungai Solo.

“Kami mewakili masyarakat Cenrana pada khususnya dan Bone pada umumnya kami menyampaikan ucapan terima kasih,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah menuturkan Pemprov Sulsel  selalu hadir untuk mendorong pembangunan kabupaten/kota.

Menurutnya, perlu ada inovasi dari pimpinan kepala daerah dan seluruh perangkatnya.

“Pemerintah provinsi selalu hadir membantu kabupaten kota. Tetapi tetap pada inovasi pemerintah daerah bupati wakil bupati dan perangkatnya. Tidak mungkin hadir Jembatan ini kalau tidak ada inovasi bupati. Kami hanya support, ini adalah perubahan tadinya Pincara kemudian jembatan,” tuturnya.

Dia pun berharap jembatan Watu ini bisa membantu dan mempelancar perekonomian masyarakat Kecamatan Cenrana.

“Semoga bisa membantu peningkatan urat nadi perekonomian masyarakat. Saya merasa bangga dan berbahagia kalau ada fasilitas yang membuat perubahan di tengah masyarakat,” harap mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img