33 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaNasionalJokowi Sampaikan Langsung Pesan Presiden Ukraina kepada Putin

Jokowi Sampaikan Langsung Pesan Presiden Ukraina kepada Putin

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Momen pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin berlangsung hangat di Istana Kremlin pada Kamis (30/6/2022).

Jokowi dalam jumpa pers di samping Presiden Putin bahkan secara terbuka berbicara soal perang Rusia-Ukraina yang saat ini masih berlangsung. Termasuk menyampaikan langsung pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi mengatakan, dirinya siap menjadi jembatan dialog antara sang presiden Rusia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dirinya disebut siap menjadi jembatan komunikasi antar kedua kepala negara untuk mewujudkan perdamaian.

BACA JUGA :  Waduh! PA 212 Desak Jokowi Pecat Prabowo dari Menhan, Ini Penyebabnya

“Seperti yang saya katakan di Kyiv, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, saya akan tetap mengatakan bahwa penting untuk bergerak menuju penyelesaian damai dan dialog terbuka. Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan mengatakan saya siap membantu menjalin kontak antara kedua pemimpin,” ucap Jokowi di sebelah Putin seperti dilansir dari CNNIndonesia.

Presiden Putin sendiri berbicara soal peran Rusia diawal kemerdekaan Indonesia. Rusia yang saat itu masih berbentuk Uni Soviet banyak terlibat dalam pembangunan Indonesia yang masih muda saat itu.

BACA JUGA :  Jokowi Optimis Indonesia jadi Produsen Utama Produk Berbasis Nikel

“Saya ingatkan kembali bahwa negara kami membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda ini (saat itu) di kancah internasional,” ujar Putin.

“[Karena partisipasi mereka] fasilitas infrastruktur transportasi dan industri besar, stadion, rumah sakit, dan institusi penting lain dibangun di Indonesia. Banyak di antara bangunan itu yang beroperasi hingga hari ini,” tambahnya.

Hubungan Rusia-RI, lanjutnya, bersifat konstruktif, saling menguntungkan, dan terus berkembang atas dasar tradisi persahabatan dan bantuan timbal balik yang sudah berlangsung lama.

(*)

spot_img

Headline