23 C
Makassar
Rabu, September 28, 2022
BerandaHeadlineJusuf Kalla Soal Ijtimak Ulama III: Jangan Dasarnya Politis

Jusuf Kalla Soal Ijtimak Ulama III: Jangan Dasarnya Politis

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK menanggapi soal pelaksanaan Ijtimak Ulama jilid III yang akan digelar pada Rabu (1/5/2019) besok.

JK mengaku belum tahu pasti inti pelaksanaan kegiatan itu, hanya saja JK mengingatkan agar Ijtimak Ulama harus tetap berdasarkan Alquran dan hadist.

“Kita belum tahu apa yang mau dibicarakan. Tapi kita harap ijtimak itu betul-betul berdasar pedoman hadis, jadi ada dasar hukum yang benar. Jangan dasarnya politis,” ujar JK di istana wakil presiden Jakarta, Selasa (30/4/2019) dilansir dari CNNindonesia.

Sejumlah ormas Islam sebelumnya telah membentuk panitia pelaksana untuk menggelar Ijtimak ulama III. Acara ini digelar untuk merespons dugaan kecurangan pada Pemilu 2019. Sebanyak 1.500 ulama diklaim akan hadir dalam Ijtimak Ulama III tersebut.

Menurut JK, pembahasan dalam Ijtimak Ulama III akan sangat bergantung pada sosok yang hadir. Ia menekankan agar para ulama yang hadir tak terseret isu-isu politis.

“Ijtimak itu kadang-kadang tergantung siapa yang hadir. Tentu ada kelompok-kelompok tertentu, isinya lain lagi kalau ulama NU atau Muhammadiyah, tergantung masing-masing kepercayaan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya. Ketua Media Center Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamu’min mengatakan kemungkinan besar Ijtimak Ulama III akan digelar di Jakarta. Novel mengatakan, ijtimak ulama kali ini membawa nama ‘Ijtima Ulama dan Tokoh III.’

Muhammad Adlan

spot_img

Headline