31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaMetropolisKaukus Perempuan Parlemen Sulsel Peduli Kesehatan Warga Binaan Lapas Bolangi

Kaukus Perempuan Parlemen Sulsel Peduli Kesehatan Warga Binaan Lapas Bolangi

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka peringatan Hari ibu kaukus perempuan parlemen DPRD Sulsel melakukan kunjungan bakti sosial di lapas perempuan kelas 2 Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Bolangi, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mereka dipimpin Langsung oleh ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Senin (26/12/2022).

Ina didampingi ketua kaukus parlemen DPRD Sulsel Rismawati kadirnya Nyampa, Andi Nurhidayati dan Haslinda yang diterima langsung oleh kalapas Yohani Widayati serta disambut baik oleh para binaan lapas.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari memberikan semangat kepada semua warga binaan lapas untuk tetap semangat dan menjadikan ini sebuah pelajaran hidup untuk bisa menata kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya setelah bebas nanti.

Kunjungan yang dilakukan oleh pihaknya merupakan sebuah bentuk peduli kepada semua perempuan dari legislator perempuan DPRD Sulsel karena warga binaan merupakan bagian bentuk kepedulian dimana kegiatan kegiatan ini terkait dengan kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan warga binaan karena kami mendapatkan aspirasi bahwa ada warga binaan perempuan yang belum pelepasan alat kontrasepsi seperti susuk dan spiral sebenarnya sudah seharusnya dilepaskan namun karena tidak adanya peralatan yang memadai sehingga kami fasilitas dengan berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi sehingga bisa ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Oleh karena itu Andi Ina yang juga merupakan seorang ibu meminta kepada semua warga binaan lapas perempuan yang juga sudah menjadi ibu untuk tidak berkecil hati berada dalam lapas namun hal tersebut harus dijadikan sebagai motivasi hidup dan mengasah kemampuan dengan skil yang dimiliki diantaranya pelatihan kerajinan tangan, pembangunan kue dan roti dan kegiatan lainnya sebagai modal jika sudah usai masal tahanan.

“Saya mengingatkan kembali kapada semua saudaraku untuk tidak kembali lagi ditempat kedua kalinya. Ibu-ibu harus punya kehidupan berjalan kedepan jangan pernah takut untuk maju kedepan. Perempuan mahluk tertinggi yang diciptakan Allah SWT. Jadi jangan pernah berkecil hati anggap ini sebuah pembelajaran hidup untuk meraih kehidupan yang lebih baik kedepannya,” harapan Andi Ina.

Ketua kaukus parlemen DPRD Sulsel, Rismawati Kadir Nyampa menuturkan bahwa kegiatan ini
memberikan fasilitas pelayanan kesehatan sebagai tindak lanjut aspirasi tersebut di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan oleh karena itu pihaknya akan menggagas Perda kesehatan reproduksi yang telah menjadi proyeksi.

“Insya Allah tahun yang akan datang akan kami bahas menjadi Perda inisiatif DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Semoga tidak ada kendala dan hambatan hingga Perda tersebut dapat digunakan di provinsi Sulawesi Selatan. Kami juga mengapresiasi kepada lapas telah memberikan pembinaan yang sangat maksimal untuk warga binaannya dengan memberikan keterampilan Pembinaan dan beberapa hasil kerajinan yang sudah borong,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua lapas Sungguminasa Yohani Widayatimengucapkan terima atas kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Sulsel yang telah memberikan perhatian khusus kepada penghuni lapas perempuan sehingga berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan para penghuni lapas.

“Kegiatan pembukaan kontrasepsi yang berupa susuk dengan spiral dan pengobatan gigi Alhamdulillah semuanya selama ini belum pernah mendapatkan fasilitas kesehatan yang diberikan langsung oleh ketua DPRD Sulawesi Selatan dengan adanya kegiatan tersebut alhamdulillah sangat berarti dan sangat bermanfaat bagi warga binaan lapas. Contohnya ada yang sudah pasang alat kontrasepsi itu berupa susu selama 13 tahun karena tidak adanya kesehatan atau dokter yang ada di sini jadi yang seharusnya di pemasangan susu itu seharusnya berjenjang sampai 3 tahun namun sampa 13 tahun baru dibuka dengan adanya kegiatan ini,” ungkapnya.

spot_img

Headline

Populer