28 C
Makassar
Senin, Oktober 25, 2021
BerandaHeadlineKenakan Jaket Loreng, Presiden Jokowi Berjalan Ditengah Reruntuhan Gempa dan Tsunami di...

Kenakan Jaket Loreng, Presiden Jokowi Berjalan Ditengah Reruntuhan Gempa dan Tsunami di Palu

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Presiden RI Joko Widodo memantau langsung kerusakan pascagempa dan tsunami yang memporak-porandakan Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (23/9/2018).

Jokowi diketahui tiba di Palu sekira Siang, Minggu (30/9/2018). Dalam unggahan sebuah foto di akun Instagram resminya, ia nampak mengenakan jaket loreng TNI, berjalan diantara reruntuhan bangunan.

“Melangkah diantara puing-puing bangunan Perumnas Baloroa, jejak kerusakan yang tertinggal disebagian kawasan kota Palu seusai gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah,” tulis Jokowi pada keterangan unggahnya.
dengan sejumlah jajarannya. Rapat terbatas yang digelar tentu saja terkait bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, Ahad (30/9).

Baca juga: Pakai Seragam Dinas, Pasha Ungu dan Istrinya Adelia Tidur di Tenda Pengungsian

Sebelumnya, Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah jajarannya terkait bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

Ia kemudian memberikan arahan kepada prajurit TNI di pelataran atau teras bandara. Ia meminta kesiapan para prajurit TNI untuk bekerja keras dalam tahapan evakuasi.

“Setiba di kota Palu, siang ini, saya segera memimpin rapat terbatas dengan sejumlah jajaran pemerintah di bandara dan memberi pengarahan kepada para prajurit TNI yang terlibat dalam evakuasi korban,” katanya.

Selain itu, Jokwoi juga mencet, akibat gempa dan tsunami ini, jalan-jalan terputus, bandara tak sepenuhnya bisa didarati pesawat, listrik baru hidup sebagian, dan pasokan bahan bakar minyak terhambat.

“Saya perkirakan BBM baru bisa sampai di sini dalam dua hari. Saat ini, alat-alat berat dari Mamuju dan Gorontalo sudah dalam perjalanan menuju lokasi bencana,” sambungnya.

“Saya berharap masyarakat sabar. Ini sedang kita tangani bersama. Setelah keadaan pulih, kita akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah penduduk selekas mungkin,” tambahnya.

View this post on Instagram

Melangkah di antara puing-puing bangunan Perumnas Balaroa, jejak kerusakan yang tertinggal di sebagian kawasan kota Palu seusai gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah. Setiba di kota Palu, siang ini, saya segera memimpin rapat terbatas dengan sejumlah jajaran pemerintah di bandara dan memberi pengarahan kepada para prajurit TNI yang terlibat dalam evakuasi korban. Dari bandara saya mengunjungi beberapa lokasi pusat bencana seperti Perumnas Balaroa, Pantai Talise, Rumah Sakit Undata dan posko pengungsi di Lapangan Vatulemo. Akibat gempa dan tsunami, jalan-jalan terputus, bandara tak sepenuhnya bisa didarati pesawat, listrik baru hidup sebagian, dan pasokan bahan bakar minyak terhambat. Saya perkirakan BBM baru bisa sampai di sini dalam dua hari. Saat ini, alat-alat berat dari Mamuju dan Gorontalo sudah dalam perjalanan menuju lokasi bencana. Saya berharap masyarakat sabar. Ini sedang kita tangani bersama. Setelah keadaan pulih, kita akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah penduduk selekas mungkin.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Penulis: Muhammad Adlan
BACA JUGA :  Gabung PSM, Firza Andika: Saya Akan Membela Sepenuh Hati
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7