25 C
Makassar
Rabu, Desember 8, 2021
BerandaRagamKenali Ciri dan Gejala Virus Corona

Kenali Ciri dan Gejala Virus Corona

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Virus Corona sedang menjadi bahan perbincangan masyarakat dunia oleh karena penularannya yang mulai terjadi secara masif.
Bahkan virus berbahaya ini telah menewaskan sekurangnya 18 orang warga negara China Seperti diberitakan Sky News.
Selain di China, dilaporkan oleh Bloomberg, pemerintah Singapura telah mengkonfirmasi satu kasus wabah Coronavirus di negaranya tersebut.

Tidak hanya Singapura, negara tetangga Indonesia lainnya yakni Thailand juga melaporkan bahwa salah satu warganya sudah positif terjangkit wabah virus Corona, sebagaimana diberitakan oleh Bangkok Post.

Apa Itu Virus Corona?

Dilansir dari DokterSehat, virus Corona adalah jenis virus dari famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. Kendati demikian, virus ini lebih banyak ditemukan pada hewan. Virus Corona pertama kali teridentifikasi pada periode 1960-an. Diberi nama Corona oleh karena struktur tubuhnya yang tampak menyerupai mahkota.

Selain bentuknya yang menyerupai mahkota (crown-like virus), struktur tubuh Coronavirus terdiri dari membran, glikoprotein, selubung lipid bilayer, nukleokapsid, dan genom RNA positif.

Secara umum, virus Corona atau Coronavirus terdiri dari 4 subtipe yakni alpha, beta, gamma, dan delta yang mana keempat subtipe tersebut dibagi lagi menjadi 7 (tujuh) jenis virus, yaitu:

• 229E
• NL63
• OC43
• HKU1
• MERS-CoV (Penyebab penyakit Middle East Respiratory Syndrome, atau MERS)
• SARS-CoV (Penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome, atau SARS)
• 2019-nCoV

Jenis Coronavirus terakhir inilah yang kini sedang menjadi kekhawatiran warga dunia. Pelaporan wabah Virus Corona 2019-nCoV—disebut juga virus Corona ‘baru’—pertama kali diterima oleh WHO pada 31 Desember 2019. Lokasinya ada di negara China, tepatnya di kota Wuhan yang merupakan bagian dari provinsi Hubei.

BACA: Jenis Golongan Darah Ini Rentan Terserang Flu Perut

Hingga kemarin, sebagaimana diberitakan oleh Anadolu Agency, tercatat tak kurang dari 650 warga China dinyatakan positif terinfeksi virus Corona di mana 18 orang di antaranya telah meninggal dunia. Parahnya, virus yang dikabarkan berasal dari hewan ular ini telah menyebar hingga ke luar wilayah Negeri Tirai Bambu tersebut.

BACA JUGA :  Politisi Demokrat Minta Jokowi Ambil Alih Penanganan Covid di Jakarta: Demi Keselamatan Warga

Ciri dan Gejala Virus Corona

Infeksi Coronavirus ditandai oleh gejala yang awalnya tampak seperti gejala flu pada umumnya. Berikut adalah gejala virus Corona yang harus Anda waspadai:

• Demam
• Hidung tersumbat
• Batuk
• Sakit tenggorokan

Tidak adanya perbedaan gejala antara infeksi Coronavirus dengan infeksi virus flu biasa (Rhinovirus) ini membuat Anda untuk sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut, terutama jika gejala sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung sembuh setelah diberikan obat-obatan umum.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.352,9
EUR
16.178,2
JPY
126,4
KRW
12,2
MYR
3.391,5
SGD
10.510,6