24 C
Makassar
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaHealthKenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kamu tentu pernah dengar anjuran untuk mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun karena lebih sehat, bukan? Ya, selama ini minyak zaitun atau olive oil memang dianggap sebagai minyak yang menyehatkan dan memiliki segudang manfaat. Namun, apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh?

Minyak zaitun merupakan minyak yang terbuat dari ekstraksi buah zaitun, yang memiliki kandungan omega 6 dan asam lemak omega 3. Namun, asam lemak yang paling banyak terkandung dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang sangat baik bagi tubuh, dan telah lama diyakini dapat mengurangi peradangan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit, kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun cenderung lebih tinggi, sehingga bisa dikatakan lebih baik bagi tubuh. Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat utama yang didapatkan dari konsumsi minyak zaitun adalah menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini karena minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL), sekaligus mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat membantu turunkan risiko penyakit jantung, bahkan mencegah terjadinya serangan jantung. Kendati demikian, bukan berarti dengan banyak-banyak mengonsumsi minyak zaitun dapat membuat kamu terbebas dari penyakit jantung, ya.

Kamu tetap perlu mengimbanginya dengan memiliki pola makan sehat, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan menghindari stres. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Kalau stok sudah menipis, beli saja di toko kesehatan Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, kamu hanya perlu memesannya di Halodoc, lalu pesanan akan diantar langsung ke rumah kamu.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap harinya akan membantu kontrol tekanan darah. Itulah sebabnya minyak ini sangat baik untuk dikonsumsi pengidap hipertensi yang ingin mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol dengan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

4. Mencegah Kanker

Kombinasi pola makan sehat dengan menambah asupan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas, yang juga dapat berdampak baik dalam pencegahan kanker. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

5. Mencegah Obesitas

Masih soal antioksidan, kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam minyak zaitun dapat membantu pengolahan lemak dalam tubuh. Hal ini tentu akan berdampak baik dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Terlebih jika diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer