31 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaRagamKenapa Sahur Makan Nasi, Mi Instan dan Telur Bikin Cepat Lapar? Ini...

Kenapa Sahur Makan Nasi, Mi Instan dan Telur Bikin Cepat Lapar? Ini Penjelasan Ahli

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Membahas soal menu sahur, paket nasi,mi instan dan telur saat sahur sering kali menjadi solusi sahur bagi masyarakat Indonesia.

Namun, mengkomsusi menu tersebut dampaknya yakni kita cepat merasa lapar. Olehnya menurut salah satu ahli yaitu Dokter Radhiyatam menyarankan, sebaiknya makan makanan yang bergizi tinggi dan seimbang saat sahur.

Artinya, sahur tidak hanya mengandung karbohidrat, protein, lemak, tetapi juga harus diisi dengan sayur dan buah-buahan.

Bila Anda sahur dengan nasi, mi instan dan telur saja; dr Dyah berkata bahwa konsumsi karbohidrat Anda akan menjadi berlebihan, sementara kebutuhan gizi lainnya yang seharusnya didapatkan dari sayuran dan buah-buahan menjadi tidak terpenuhi.

Sementara, pendapat lain datang dari dr Samuel Oetoro, SpGK. Dokter Samuel juga mengungkapkan pendapat serupa, seperti dilansir dari artikel Kompas.com, 31 Mei 2017.

Dalam artikel tersebut, dia menyarankan agar sahur mengandung bahan-bahan sumber energi, protein, lemak dan serat.
Idealnya, sahur terdiri dari beras merah atau karbohidrat lain yang tinggi serat, ikan dan ayam yang tidak digoreng sebagai sumber protein dan lemak sehat, serta sayur dan buah yang tinggi air, karbohidrat kompleks dan serat.

 

Mengenai sahur dengan nasi, mi instan dan telur, ahli gizi tersebut dengat tegas melarangnya. “Itu salah, enggak bisa begitu! Itu harus lengkap seperti yang saya bilang. Kalau dia makan nasi dengan mi instan, itu artinya karbohidrat dengan karbohidrat yang sama-sama sederhana dan diserapnya cepat. Dia juga akan cepat lapar,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com

Muhammad Adlan

spot_img

Headline