25 C
Makassar
Rabu, Desember 8, 2021
BerandaDaerahKisah Usman Selamat Dari Tsunami Palu, Sempat Mengapung di Laut

Kisah Usman Selamat Dari Tsunami Palu, Sempat Mengapung di Laut

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Nasib beruntung dialami Usman (32), warga Kota Parepare yang selamat sekeluarga di Dusun Kampung Baru, Desa Gunung Bale, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, saat terjadinya bencana alam belum lama ini.

Usman mengatakan, pada saat kejadian, dirinya sementara masih bekerja di pinggir laut, karena prosesinya sebagai nelayan. Seketika dirinya kaget dan panik, karena awalnya gempa kecil dan lama-kelamaan gempa semakin kencang.

“Jadi, saya lari karena air juga sudah naik dan suasana sudah gelap. Dengan kondisi begitu, saya sempat terbawa air namun karena ada jirgen 30 liter, saya sempat bertahan di laut selatan 1 hari 1 malam,” bebernya.

BACA: Relawan PMI Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Paling Sulit Diakses

Selama mengapung, Usman mengaku hanya mengingat istrinya, Reski Anisa, dan ketiga anaknya yakni Nur Husna (7), Ibrahim (4), dan Riziq (3), dengan kondisi yang sangat loyo. Namun, pada akhirnya dirinya berhasil ditemukan oleh tim SAR.

“Kejadian seperti ini pernah saya alami di Batu Licin, untuk di Donggala sendiri, memang sering gempa. Saya sudah 10 tahun di sana dan menikah dengan orang sana juga,” ungkapnya.

BACA: Peduli Palu Donggala, Karang Taruna Matekko Bersama Masyarakat Kirim Bantuan

Pasca kejadian tersebut, pihaknya trauma melihat laut dan belum berpikir untuk kembali melanjutkan pekerjaannya sebagai nelayan. Kini, Usman dan keluarga berada di Parepare dan telah mendapatkan pertolongan dari para dermawan.

Sementara, Ketua Markas Cabang (Macab) Laskar Merah Putih (LPM) Parepare, H. Syamsul Latanro (HSL), yang mendampingi korban menjelaskan, pihaknya telah mengagendakan berangkat ke Sulawesi Tengah untuk menjemput Usman, beserta warga Parepare lain yang selamat.

BACA: PT Pelni Parepare Beri Potongan 20 Persen Harga Tiket untuk Relawan

Hanya saja, katanya, pihaknya telah memperoleh informasi bahwa Usman beserta keluarga telah bertolak menuju Parepare. Namun, jelas dia, pihaknya terus memperhatikan kondisi kesehatan korban, termasuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

BACA JUGA :  SYL Dua Periode Memimpin, NH Nilai Sulsel Kode Merah

“Untuk memastikan kondisi korban tetap baik, kami juga siapkan dua orang dokter dan dua perawat yang selalu memantau itu,” tandasnya.

Penulis : Luki Amima
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.352,9
EUR
16.178,2
JPY
126,4
KRW
12,2
MYR
3.391,5
SGD
10.510,6