24 C
Makassar
Sabtu, Desember 10, 2022
BerandaEkbisKontribusi Ekspor Karantina Pertanian Makassar di Triwulan I Capai 8,1%

Kontribusi Ekspor Karantina Pertanian Makassar di Triwulan I Capai 8,1%

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Balai Karantina Pertanian Kota Makassar sukses memberikan kontribusi besar dalam ekspor pertanian. Saat ini, mereka sukses menyumbang 8,1 persen pada triwulan pertama tahun 2021 ini.

Diketahui, Karantina Pertanian Makasaar sendiri diberi target capaian peningkatan ekspor sebesar 20 persen oleh pusat dalam dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.

Menurut keterangan pelaksana tugas (Plt) Kepala Karantina Pertanian kota Makassar, M Musyaffak Fauzi, capaian tersebut bakal dimaksimalkan melalui sejumlah komoditas andalan.

“Target kita kan 3 kali lipat. Tapi untuk tahun ini, kita diberi target peningkatan sama pusat itu 20 persen. Caranya ya kita pakai komoditas unggulan,” buka Musyaffak, Senin (5/4/2021).

Lebih lanjut Musyaffak mengatakan, untuk memenuhi target ekspor sejumlah komoditas unggulan tersebut, pihaknya bakal berkolaborasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini dimaksudkan agar proses optimalisasi bisa tercapai dengan cepat dan tepat.

“Kalu komoditi andalannya kan ada banyak. Ada Kakao, tempe, Kopi, Porang, dan tentu juga ada dati hasil laut,” bebernya.

Selain optimalisasi, proses evaluasi juga bakal diperketat, agar kekurangan yang terjadi biaa diatasi dengan cara yang tepat dan lebih baik.

Proses pembinaan juga menjadi salah satu srnjata andalan Karantina Pertanian Makassar, khususnya dalam hal verifikasi produk, sebagai jaminan bahwa produk yang diekspor memang layak konsumsi.

“Kita lakukan ini evaluasi juga. Ada beberapa hal yang memang perlu kita benahi, juga hatus dimaksimalkan tentunya.”

“Kita selalu lakukan pembinaan, salah satunya verifikasi. Verifikasi itu adalah jaminan dari kita dan secara nasional itu diakui bahwa produk itu aman untuk dikonsumsi dan aman untuk prnyebaran penyakit,” tutupnya.

spot_img

Headline

Populer