BerandaDaerahLibatkan Jurnalis, KPU Parepare Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Libatkan Jurnalis, KPU Parepare Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – KPU Parepare, menggelar sosialisasi Media, Pemilihan dan dan Covid-19, di Cafe and Resto Teras Empang, Jumat (04/11/2020).

Kegiatan tersebut melibatkan jurnalis Parepare dari berbagai media sebagai peserta, sekaligus dua diantaranya diundang sebagai pemateri.

Komisioner KPU Parepare Divisi Teknis, Safriani Sudirman mewakili Ketua KPU Parepare mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kehadiran para jurnalis sebagai bentuk apresiasi, dan partisipasi dalam upaya mendukung pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saat ini di Parepare ada klaster perkantoran, dan kegiatan KPU erat dengan media sehingga KPU membutuhkan informasi dari media. Selain itu, terkait dengan peliputan tentu media yang lebih banyak sehingga, jurnalis yang lebih pas untuk bertindak sebagai pemateri,” ungkapnya.

BACA: Ini 3 Proyek Hunian Terpopuler Paling Dicari Selama Pandemi

Sementara, salah seorang jurnalis senior TV swasta nasional, Rusli Djafar memaparkan materi terkait Media, Pemilihan dan Covid-19, dan materi tambahan yaitu Media dan Pilkada Serentak.

Rusli mengatakan, karakteristik media massa terdiri dari lima diantaranya publisitas, yakni disebarluaskan ke masyarakat dan dapat diakses secara umum, kontiniutas yakni peliputan secara terus-menerus, periodisitas yakni terus terbit dan beroperasi secara berkepanjangan. Selain itu, kata dia, Aktualitas, di mana yang diberitakan adalah hal-hal baru, kejadian baru serta universalitas yakni membahas segala hal dan tidak fokus satu tema saja.

“Adapun beberapa isi media massa yakni karangan khas, berita dan opini. Untuk jenis media massa yakni elektronik, cetak, media online,” jelas pengurus AJI Makassar ini.

Selain materi tersebut, salah seorang jurnalis media cetak nasional, Darwiaty Dalle, juga bertindak sebagai pemateri dengan judul Media dan Edukasi Pandemi Covid-19, dan Edukasi Pandemi Covid-19 Melalui Media.

PenulisLuki Amima