31 C
Makassar
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaHukrimMahfud Pastikan Aparat Ungkap Otak Bom Makassar

Mahfud Pastikan Aparat Ungkap Otak Bom Makassar

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan pemerintah telah mengerahkan aparat untuk mengejar dan meringkus orang-orang yang terlibat dan terkait dengan aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3).

Namun sampai kasus itu terbongkar tuntas, masyarakat harus sabar menanti. “Jadi masyarakat tidak usah terburu-buru,” kata Mahfud dalam keterangan resmi.

“Karena saudara, terorisme dan aparat itu berbeda. Teroris melakukan serangan tanpa aturan hukum, kalau aparat itu ada aturanya, Tidak boleh sembarang menangkap, sembarang mengumumkan,” imbuh Mahfud.

Dia berkata polisi menghindari terjadi kesalahan dalam membongkar jaringan pelaku teror bom Makassar. Sebab kesalahan bisa merugikan korban.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) memastikan aparat kepolisian akan mencari tahu jaringan teroris yang diduga menjadi dalang pengeboman.

Mahfud pun meminta peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi jika merasa menemukan apapun yang mencurigakan dan diduga berkaitan dengan jaringan teroris dari terduga pelaku bom bunuh diri.

“Jika ada yang tahu atau mencurigai sesuatu yang terkait dengan peristiwa tersebut harap menginformasikan ke kantor polisi terdekat atau ke aparat yang terkait,” ucap Mahfud melalui akun pribadinya di Twitter beberapa saat usai kejadian.

Sebuah ledakan pecah di halaman Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) pagi. Polisi mengatakan, sebelum ledakan itu ada dua orang berboncengan motor yang sempat akan masuk ke kawasan gereja tapi diadang sekuriti.

Akibat insiden tersebut belasan orang luka-luka terdiri atas jemaat gereja dan petugas keamanan. Seluruh aktivitas untuk sementara dihentikan, termasuk ibadah misa.

BACA JUGA :  Syekh Ali Jaber Cerita Peristiwa Penusukan Dialaminya

Sementara itu, dikutip dari CNNIndonesia, juru bicara Wakil Presiden Ma’rufAmin Masduki Baidlowi mengingatkan masyarakat untuk tak berspekulasi soal teror bom bunuh diri di Makassar.

BACA JUGA :  Kapten dan Raja Begal Tewas, Makassar Sudah Aman?

Masduki pun meminta masyarakat mempercayakan proses hukum penanganan ledakan ke aparat kepolisian. Menurut dia, spekulasi hanya akan memperkeruh opini di tengah masyarakat.

“Saya berharap agar jangan masyarakat melakukan spekulasi yg akhirnya hanya akan menimbulkan kekeruhan dalam pemberitaan atau di medsos,” kata Masduki dalam keterangan tertulis.

Masduki mengutuk sekaligus menyesalkan aksi teror berupa ledakan bom di gereja tertua di Kota Makassar itu. Menurut dia, ulah tersebut dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dia menjelaskan, aksi itu merupakan penyalahgunaan pemahaman agama dan tidak dibenarkan. Karena itu Masduki meminta polisi segera mengungkap motif hingga otak di balik insiden yang mengakibatkan belasan orang terluka tersebut.

“Saya berharap pihak kepolisian segera mencari tau siapa pelakunya, siapa dalangnya, apa latar belakangnya, semuanya segera bisa diungkap,” kata Masduki.

spot_img
spot_img
- Advertisment -

Headline