23 C
Makassar
Minggu, Mei 29, 2022
BerandaMetropolisMakassar Akan Punya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Makassar Akan Punya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Permadalahan sampah di kota Makassar memang menjadi salah satu fenomena paling disoroti. Sebab, selain kerap menimbulkan bau tidak sedap, juga dianggap sebagai dalah satu pemicu banjir saat musim hujan tiba.

Akan tetapi, ternyata ada sisi positif dibalik menggunungnya sampah yang ada di kota Makassar. Sebab, harapan untuk mengelola persampahan menjadi sesuatu yang multi fungsi tampaknya segera terwujud.

Sebab, salah satu perusahaan asal Cina, China Nation Technical Import and Export Corporation (CNTIC), telah merampungkan proses studi kelayakan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTsa) di kota Makassar.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Tim Koordinasi Percepatan Pembangunan Instalasi Pengelolaan Sampah kota Makassar, Saharuddin Ridwan. Hasil dari studi kelayakan tersebut bahkan telah diserahkan ke Pemkot Makassar.

“Waktu hari Rabu (23/12/2020) itu, hasil dari FS yang sudah dikerjakan tim konsultan CNTIC telah kami serahkan ke bapak Sekda (M Ansar),” ujarnya, Sabtu (26/12/2020).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sahar tersebut mengatakan, Studi Kelayakan memang wajib dilakukan terlebih dahulu. Tujuannya, jelas untuk melihat apakah ada kecocokan dengan proyek prestisius itu atau tidak.

Sehingga, semua tahapan harus dilewati dan dipersiapkan secara matang terlebih dahulu dan tidak bisa langsung disepakati begitu saja.

Tetapi, setelah studi kelayakan ini berjalan, pihak Pemkot kemudian akan membentuk tim penilaian terhadap hasil studi kelayakan tersebut.

Sehongga, keputusan terkait setuju atau tidaknya tentu bergantung kepada penilaian dari mereka dan juga oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, sebagai pengambil kebijakan.

“Tim ini untuk menentukan apakah studi kelayakan ini sudah layak, sudah sesuai untuk didorong menjadi dokumen tender,” jelasnya.

Sahar berharap, agar hasil dari Studi Kelayakan ini bisa segera disetujui oleh Pemkot Makassar. Sehingga, dapat dilanjutkan ke tahap lelang tender dan bersiap memulai pembangunan proyek.

BACA JUGA :  Pemkot Makassar Bakal Benahi Infrastruktur SDN Sudirman

“Semoga cepat setelah itu kita sudah masuk tahap lelang tender,” tutup Sahar.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3