25 C
Makassar
Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaMetropolisManajemen PT SCI Bekerja Cepat Jangkau Peluang Besar Kemajuan BUMD Sulsel

Manajemen PT SCI Bekerja Cepat Jangkau Peluang Besar Kemajuan BUMD Sulsel

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – PT. Sulsel Citra Indonesia (SCI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022, Selasa (5/7/2022). Hadir para direksi, komisaris dan pemegang saham PT.SCI (Perseroda) Sulsel.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang diwakili Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman menghaturkan terimakasih kepada para direksi, komisaris, dan segenap manajemen yang telah bekerjasama memperkuat eksistensi PT.SCI selaku BUMD yang berorientasi pada kontribusi dan pembangunan Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Andi Sumardi mengemukakan bahwa dalam rangka mendukung visi Sulsel yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter, maka PT.SCI diharapkan lebih berkinerja optimal serta menstimulus fungsinya sebagai agent of development dan agent of profit.

“Harapan tersebut harus dilandasi pada prinsip tranparansi, akuntabilitas, independensi dan kewajaran,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut Andi Sumardi, sebagai pemegang saham mayoritas Gubernur menyetujui laporan kinerja tahunan PT.SCI tahun 2021 dan agenda RKAP tahun 2022 yang di dalamnya menyetujui koreksi setoran modal dasar Pemrov pada PT.SCI seiring dengan peningkatan status perusda menjadi perseroda.

Adapun Yasir Machmud selaku Direktur Utama PT SCI menyampaikan bahwa Januari-Juni 2021, pihaknya memberikan catatan kerugian Rp 2,2 miliar kepada era almarhum Taufik Fachruddin. Hal itu sesuai dengan hasil audit Inspektirot.

“Hal tersebut menjadi pemicu bagi kami untuk bekerja keras dan cerdas untuk kemajuan PT.SCI,” tegasnya.

“Dengan kerja bersama seluruh manajeman perusahaan melalui reformasi kinerja yang menjadi landasan kebijakan PT.SCI, akhirnya paruh kedua tahun 2021 terhitung sejak Juli (awal kami diangkat menjadi direksi) hingga Desember 2021 kinerja PT.SCI mampu membukukan laba Rp 5,1 miliar,” ungkapnya.

Sepanjang sejarah perjalanan Perusda/Perseroda (PT.SCI) baru kali ini melakukan setoran pajak penghasilan sebesar Rp 570 juta dan keuntungan Rp 2,9 miliar sebelum pajak sehingga laba bersih setelah pajak menjadi Rp 2,3 miliar.

Selain itu, setoran PAD tahun buku 2021 diperkirakan Rp1,3 miliar sesuai keputusan RUPSLB Revisi RKAP 2021. Namun Perseroda akan membulatkan setoran menjadi Rp1,5 miliar.

“Di bawah kepemimpinan kami, PT.SCI fokus pada pengembangan beberapa program kerja dan unit bisnis baru sehingga kami bisa mengangkat omset perusahaan,” jelasnya.

Yasir Machmud juga menyampaikan berita gembira dengan terpilihnya PT.SCI sebagai mitra sejajar dengan BUMN dalam hal ini PT.KAI dalam pengelolaan Kereta Api Makassar-Pare nantinya.

“Bapak Gubernur berterimakasih kepada PT.SCI atas kerja cepat dan terobosannya dalam mengelola BUMD ini,” bebernya.

Adapun Prof Dr. Murtir Jeddawi selaku komisaris utama, menegaskan PT.SCI untuk fokus pada visi dan misi perusahaan. Dimana visi PT.SCI mesti menjadi BUMD terdepan dalam pengembangan usaha multi sektor berbasis sumber daya alam yang profesional dan taat hukum serta berkontribusi dalam meningkatkan PAD Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saat ini PT.SCI telah mencitrakan kinerja yang cukup baik dan trend pendapatan meningkat seiring dengan kemampuan direksi melakukan maksimalisasi pemanfaatan lahan sebagai penyertaan modal dalam bentuk aset. Semoga mega proyek lainnya yang sementara dirintis juga bisa segera beroperasi,” katanya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline