26 C
Makassar
Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaHealthManfaat Kopi Hitam yang Sayang Dilewatkan

Manfaat Kopi Hitam yang Sayang Dilewatkan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Banyak orang yang mengonsumsi kopi hitam untuk mencegah kantuk di tengah padatnya aktivitas. Minuman yang satu ini memang mengandung kafein yang dikenal bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Namun, tahukah kamu, ternyata mengonsumsi segelas kopi hitam juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kendati begitu, bukan berarti kopi hitam, maupun jenis kopi lainnya boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, ada efek samping yang bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi, termasuk susah tidur pada malam hari dan mengalami dada berdebar. Ada baiknya konsumsi kopi hitam secukupnya untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minuman ini.

Sejumlah penelitian sudah dilakukan untuk melihat dan membuktikan manfaat kopi hitam, utamanya bagi kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi secukupnya, kopi hitam bisa memberi manfaat berupa:

Menjaga Fungsi Otak

Salah satu manfaat rutin minum kopi hitam adalah mencegah penurunan fungsi otak. Kabarnya, jenis minuman ini bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia. Kandungan kopi hitam juga disebut bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia.

Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan kafein dalam kopi hitam disebut bisa membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, kafein bisa meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang.

Mencegah Diabetes

Kandungan kafein tidak hanya baik untuk organ otak, tapi juga bisa menurunkan risiko penyakit. Konsumsi kopi hitam disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 karena kafein bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Menghindari Depresi

Depresi bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, ada cara unik untuk menurunkan risiko penyakit mental ini, yaitu dengan rutin mengonsumsi kopi hitam. Ini karena kopi hitam disebut mengandung antidepresan yang bisa menurunkan risiko depresi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, konsumsi kopi hitam setiap hari mungkin bisa membantu. Sebab, seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan kafein dalam kopi hitam bisa meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Alhasil, penurunan berat badan bisa terjadi lebih cepat sehingga akan membantu diet.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline