24 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaHealthManfaat Semangka untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Semangka untuk Kecantikan Kulit

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mengetahui sejumlah nutrisi yang terdapat pada semangka tadi, enggak heran kalau semangka memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lantas, apa manfaat semangka buat kecantikan?

1. Membuat kulit lebih mulus

Salah satu manfaat semangka untuk kecantikan adalah mampu membuat bagian terluar dari tubuh ini menjadi lebih mulus. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang dapat memproduksi lebih banyak kolagen pada tubuh. Rangsangan produksi kolagen dapat menebalkan kulit dan memperbaiki garis-garis halus. Dengan begitu, kulit menjadi lebih mulus.

Vitamin C pada semangka juga dapat menstabilkan kandungan kolagen yang ada untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Jadi, vitamin C tidak hanya dapat meminimalkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit, tetapi juga mencegahnya agar tidak timbul kembali.

2. Menghidrasi kulit

Semangka kaya akan kandungan air, vitamin E dan C  yang dapat berguna sebagai pelembap. Kombinasi vitamin E untuk menghidrasi dan vitamin C untuk menjaga kelembapan sangat baik untuk

kecantikan kulit.

3. Melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas

Manfaat semangka untuk kecantikan kulit lainnya adalah mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Kombinasi kandungan vitamin C dan E sangat baik untuk mengelola atau meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari. Sifat antioksidan dari vitamin E juga mampu memberikan perlindungan terhadap kerusakan dari radikal bebas, seperti radiasi UV.

4. Menimbulkan sifat menenangkan

Bukan hanya bagian dagingnya, ternyata kulit semangka juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. Bagian ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu untuk meringankan eritema dan mengurangi terjadinya peradangan. Kulit semangka dapat diterapkan sebagai masker atau ditempelkan pada area yang meradang, bisa akibat rosacea dan sengatan matahari.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Setelah tahu segudang manfaat semangka untuk kecantikan, enggak lengkap rasanya, kalau kita tidak mengulik manfaat buah yang satu ini untuk kesehatan tubuh. Seperti apa manfaat semangka untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh?

1. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi sangat penting, supaya tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hidrasi berkaitan dengan pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal berjalan normal, pengiriman nutrisi ke sel, dan meningkatkan kewaspadaan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semangka terdiri dari 92 persen air, menjadikannya pilihan tepat untuk asupan air harian. Mengonsumsi

makanan dengan kepadatan kalori rendah, seperti semangka, juga dapat membantu mengatur berat badan dengan membuat merasa kenyang lebih lama.

2. Memiliki efek antikanker

Kandungan nutrisi pada semangka memiliki efek antikanker. Beberapa senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam semangka, termasuk lycopene dan cucurbitacin E, dapat menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker prostat dan kanker  kolorektal.

Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat semangka dengan penyakit kanker.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung. Faktor gaya hidup seperti pola makan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Likopen pada semangka dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang juga mampu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

4. Mengurangi peradangan pada tubuh

Peradangan adalah faktor utama kemunculan penyakit kronis. Nah, kandungan antioksidan, likopen, dan

vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Selain itu, likopen juga dapat menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer.

5. Meredakan nyeri otot

Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka, dapat meningkatkan performa olahraga dan mengurangi nyeri otot. Itulah sebabnya, mengapa banyak suplemen olahraga yang mengandung citrulline. Nah, kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan makan langsung buah semangka segar.

Bagaimana cara kerja citrulline untuk nyeri otot?   Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer