25 C
Makassar
Sabtu, April 10, 2021
BerandaPSMMasa Depan Cerah PSM Makassar

Masa Depan Cerah PSM Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – PSM Makassar patut angkat kepala. Masa depan mereka semakin cerah dengan lahirnya talenta-talenta muda di tubuh Juku Eja. Piala Menpora 2021 cukup jadi bukti.

Keberhasilan mereka menembus perempat final dengan bekal pemain seadanya, tentu menjadi angin segar. Semangat lokalitas terlihat jelas. Bahkan, mereka juga hanya didukung pemain akademi yang sebagian baru bersinar di turnamen ini.

Rasyid Bakri, M Arfan, Aji Kurniawan, Rizky Eka Pratama, hingga Saldy, adalah sederet jebolan akademi yang siap bersaing si kompetisi elit. Peran mereka cukup vital di tubuh PSM. Misi Siri’na Pacce yang mereka usung cukup berhasil, sekalipun tanpa pilar asing.

“Kami tau, status kami hanya underdog. Kita tanpa pemain asing. Tapi bukan berarti kita akan main asal-asalan. Kita datang dengan semangat Siri‘na Pacce. Kita datang dengan harga diri,” ujar kapten tim mereka, Zulkifli Syukur.

Tidak hanya pemain, jajaran pelatih mereka juga murni lokal. Lisensi kepelatihan Syamsuddin Batola sebagai pelatih kepala hanya A AFC. Belum layak memimpin tim Liga 1.

Asisten pelatih mereka juga sama. Budiarjo Thalib hanya mengantongi Lisensi B AFC. Bahar Muharram dan Budiman Buswir (pelatih kiper), tidak lebih baik lisensi kepelatihannya.

Meski begitu, pencapaian mereka sudah cukup berbicara. Mereka sukses menggilas Persija Jakarta yang notabenenya bertabur pemain bintang. Skuat asing Macan Kemayoran juga komplit. Marco Simic, Yan Motta, Marco Motta, juga Otavio Dutra, masih melengkapi legiun asing mereka.

Belum lagi pemain beken lokal seperti Marc Klok, Andritany, Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak, sampai dengan Ismed Sofyan, masih siap bertarung dilapangan.

Selain itu, mereka juga berhasil menahan imbang Bhayangkara Solo FC dan Borneo FC. Mereka lolos sebagai runner up grup dan bakal bertemu PSIS Semarang di perempat final.

Hal ini membuktikan bahwa kualitas lokal mereka sudah cukup komplit menghadapi kompetisi profesional. Terlebih lagi jika mereka berhasil mendatangkan pemain asing yang mumpuni untuk membantu PSM Makassar mengarungi kompetisi musim 2021.

- Advertisment -

Headline