24.6 C
Makassar
Selasa, November 30, 2021
BerandaHealthMasker Bisa Lindungi Diri Hingga 95 Persen

Masker Bisa Lindungi Diri Hingga 95 Persen

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Disiplin menggunakan masker dengan cara tepat mampu melindungi diri dari paparan virus Covid-19 hingga 95 persen.

Menggunakan masker berlapis menjadi cara paling tepat dan paling efektif. Sementara menggunakan satu masker saja disebut efektif mencegah penularan hingga 70 persen.

Adapun masker kain memiliki keefektifan lebih rendah yakni sekira 45 persen. Hal inilah yang kemudian membuat para ahli merekomendasikan penggunaan masker secara berlapis.

Efektifitas fungsi masker ini juga pernah disampaikan para peneliti dari Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat. Mereka menyebut kalau mengenakan masker yang pas dan benar di wajah dapat membantu membatasi penyebaran virus corona.

Percikan droplet pengidap COVID-19 akan sangat berkurang jika mengenakan masker. Begitupun penerima akan berkurang jika juga menggunakan masker secara tepat.

Hal senada disampaikan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Soedjatmiko, SpA(K),MSi.

Adanya vaksin tidak harus membuat semua orang abai terhadap penggunaan masker. Vaksinasi harus didukung dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat tetap wajib menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Jangan bepergian dan berkerumun. Siapa pun, dimana pun, kecuali sangat penting. Anak dan dewasa selalu pakai masker menutupi hidung, mulut, dagu, pipi. Karena, ketika masker dipakai dengan benar, saat itu juga melindungi diri kita sekitar 70-90 persen,” pungkasnya seperti dilansir dari suara.

(Yusdin rukka)

BACA JUGA :  Doctors take inspiration from online dating to build organ transplant AI
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3