27 C
Makassar
Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaHealthMengobati Gangguan Tidur Secara Alami

Mengobati Gangguan Tidur Secara Alami

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kurang tidur dapat memiliki efek samping yang luas selain kelelahan. Ini dapat menyebabkan gangguan memori, kehilangan fokus, stres, dan pengambilan keputusan yang buruk.

Gangguan tidur yang tidak diatasi atau kronis dapat menyebabkan penambahan berat badan, gangguan mood kronis, dan bahkan penyakit jantung.

Berikut ini beberapa cara mengobati gangguan tidur secara alami dan mudah:

1. Minum Susu Hangat dan Madu

Mengakhiri hari dengan segelas susu hangat dan madu adalah salah satu obat tidur alami yang efektif. Rahasianya ada pada kombinasi triptofan, yakni asam amino yang dapat membuat tidur lebih berkualitas.

Triptofan dapat meningkatkan jumlah serotonin, hormon yang bekerja sebagai obat penenang alami di otak. Nah, karbohidrat seperti madu, akan membantu mengirimkan hormon itu ke otak lebih cepat.

2. Kelola Stres dengan Olahraga

Mengobati gangguan tidur juga bisa dilakukan dengan berolahraga rutin. Sebab, olahraga dapat membantu mengelola stres. Jika kecemasan membuat kamu terjaga di malam hari, cobalah melakukan yoga atau tai chi.

Tai chi adalah olahraga yang dapat merangsang tidur dan mengurangi stres. Rutinitas tai chi tepat sebelum tidur membantu kamu tertidur lebih cepat dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

3. Lavender

Lavender adalah obat alami lain yang digunakan oleh banyak orang karena sifatnya yang menenangkan, sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Biasanya digunakan dalam aromaterapi atau campuran teh.

4. Minum Teh Herbal
Minum teh herbal juga dapat menjadi cara alami untuk mengobati gangguan tidur. teh herbal yang direkomendasikan adalah teh camomile. Sebab, camomile mengandung apigenin flavonoid, yang memiliki efek menenangkan pada otak.

Selain itu, teh valerian juga bisa jadi pilihan. Sebab, ketika diseduh menjadi teh atau diminum sebagai kapsul, valerian dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan menghasilkan tidur yang berkualitas.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat menjelang jam tidur dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Kualitas tidur pun bisa meningkat, dan tubuh jadi lebih segar saat bangun di pagi hari.

Jika tidak punya waktu untuk mandi atau berendam di air hangat, kamu bisa coba merendam kaki saja di air hangat. Ini dapat menghasilkan efek yang sama, dan membuat tubuh lebih rileks.

6. Matikan Lampu dan Jauhkan Gadget

Bagi kamu yang mengidap insomnia, lingkungan tidur yang tenang dan santai sangat penting untuk tidur tanpa gangguan. Mungkin salah satu solusi tidur alami yang paling efektif adalah menjauhkan semua perangkat elektronik yang memiliki layar bercahaya, seperti ponsel, tablet, dan laptop.

Cahaya biru dari perangkat elektronik dapat mengganggu ritme sirkadian, sehingga kamu sulit untuk tertidur. Bahkan jika dapat tertidur, bunyi atau getaran dari ponsel saat notifikasi masuk dapat mengganggu tidur.

Itulah pembahasan mengenai cara mengobati gangguan tidur secara alami. Jika gangguan tidur yang kamu alami berkaitan dengan masalah kesehatan mental, menemui psikolog atau psikiater mungkin bisa jadi solusi.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline