26 C
Makassar
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaMetropolisMenko PKM bersama Plt Gubernur Sulsel Tinjau Vaksinasi ODGJ

Menko PKM bersama Plt Gubernur Sulsel Tinjau Vaksinasi ODGJ

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi orang dengan ganggung jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Khusus Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (11/6). Vaksinasi Covid-19 kepada ODGJ merupakan yang pertama kali di Sulsel.

Muhadjir mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi di RSKD Sulsel terhadap ODGJ. Ia berharap daerah bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada warga, khususnya ODGJ.

“Bagus. Kita punya target sangat besar untuk vaksinasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Menteri Muhadjir Harap Warga Sulsel Tidak Lengah Terhadap Covid-19

Muhadjir mengaku proses vaksinasi terhadap warga sempat mengalami kendala akibat kelangkaan vaksin di pasar Internasional. Ia mengaku saat ini seluruh dunia berebut vaksin Covid-19.

“Mereka kan sekarang saat ini saling berebut vaksin. Kita harus bersyukur karena bapak Presiden cepat mengambil keputusan mengambil dan memakai vaksin Sinovac,” kata dia.

Muhadjir menjelaskan saat Sinovac belum diakui oleh World Health Organization (WHO), tidak banyak yang menggunakan vaksin asal China tersebut. Hal tersebut dimanfaatkan pemerintah untuk mengambil vaksin Sinovac secara besar-besaran saat itu.

“Karena itu kita merupakan negara yang bukan produsen vaksin Covid-19, tapi vaksinasinya tertinggi,” ucapnya.

Saat ini, kata Muhadjir, seluruh negara membutuhkan vaksin Covid-19, sehingga membuat kelangkaan di pasar Internasional. Ia menyebut sejumlah negara produsen vaksin seperti Amerika Serikat dan India menahan untuk ekspor vaksin ke negara lain.

“Kita sekarang memang terhambat soal kelangkaan vaksin di pasar, karena semua negara butuh vaksin,” ucapnya.

BACA JUGA :  HJB Ke 691, Pemprov Sulsel Lanjutkan Bantuan Keuangan Untuk Bone

Sementara itu, Direktur Utama RSKD Sulsel, dr Arman Bausat menjelaskan vaksinasi terhadap ODGJ merupakan yang pertama di Sulsel. Nantinya 350 ODGJ yang dirawat di RSKD Sulsel akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

BACA JUGA :  Kisah Heroik Prajurit Lantamal VI Tempuh Ratusan Kilo Bawa Masker Bagi Pejuang Corona

“Setelah ada perintah, kita vaksinasi 350 ODGJ yang dirawat di sini,” tuturnya.

Arman mengaku pihaknya menargetkan vaksinasi terhadap ODGJ bisa rampung dalam tujuh hari. Apalagi, RSKD Sulsel memiliki tenaga medis yang sudah sejak awal bertugas sebagai vaksinator.

“Kita target tujuh hari rampung. Jadi setiap hari ada 50 ODGJ yang disuntik vaksin,” ucapnya.

spot_img
spot_img
- Advertisment -

Headline