30 C
Makassar
Kamis, Juli 7, 2022
BerandaDaerahMilad ke-2 Tahun, Komunitas Gamacca Parepare Gelar Tudang Sipulung dan Tompang Bersama

Milad ke-2 Tahun, Komunitas Gamacca Parepare Gelar Tudang Sipulung dan Tompang Bersama

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pelestari Seni Budaya, Parewa Bessi dan Pusaka Komunitas Gamacca Parepare, menggelar Tudang Sipulung dan Tompang Bersama dalam rangka Milad ke-2 tahun.

Kegiatan digelar di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sabtu (18/09/2021), yang dihadiri segenap pengurus maupun anggota komunitas.

Sekretaris Komunitas Gamacca Parepare, Zulkarnain mengatakan, hadirnya Gamacca ini adalah upaya nyata dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya budaya lokal Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami juga menggelar Ritual ‘Mattompang’, yakni membersihkan berbagai pusaka dengan tujuan tujuan agar pusaka tersebut tahan lama,” katanya.

Sementara, Ketua Komunitas Gamacca Parepare, Dg. Halim mengungkapkan, dalam kesempatan ini, pihaknya bersilaturahmi kepada pengurus, dan menyampaikan informasi terkait struktur kepengurusan Gamacca sudah resmi dan terdaftar, namun ingin diperbaharui.

“Ini penting untuk menjaga eksistensi anggota supaya tidak hanya berhenti di sini, dan kepengurusan kegiatan maupun bisa terus berjalan dan berkesinambungan. Oleh karena itu, komitmen para pengurus untuk menjaga keberadaan Gamacca ini, sangat diperlukan demi keberlangsungan upaya dalam melestarikan budaya ini tetap berjalan,” paparnya.

Dg. Halim menambahkan, ke depannya, diharapkan program maupun agenda bulanan serta kegiatan-kegiatan, dapat terus berjalan, untuk mempererat silaturahmi pengurus dan anggota.

“Program sudah berjalan, cuma kita ini kan masih masa pandemi sehingga kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, kita batasi,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, mantan Anggota DPRD Kota Parepare, Andi Nurhanjayani selaku penasihat budaya. Nurhanjayani juga merupakan salah seorang penggiat budaya senior di Parepare.

spot_img
spot_img

Headline