30 C
Makassar
Senin, Januari 24, 2022
BerandaMetropolisMilad ke-2 Tahun, Komunitas Gamacca Parepare Gelar Tudang Sipulung dan Tompang Bersama

Milad ke-2 Tahun, Komunitas Gamacca Parepare Gelar Tudang Sipulung dan Tompang Bersama

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Komunitas Gamacca Parepare, menggelar Tudang Sipulung dan Tompang Bersama dalam rangka Milad ke-2 tahun.

Kegiatan digelar di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sabtu (18/09/2021), yang dihadiri segenap pengurus maupun anggota komunitas.

Sekretaris Komunitas Gamacca Parepare, Zulkarnain mengatakan, hadirnya Gamacca ini adalah upaya nyata dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya budaya lokal Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami juga menggelar Ritual ‘Mattompang’, yakni membersihkan berbagai pusaka dengan tujuan tujuan agar pusaka tersebut tahan lama,” katanya.

Sementara, Ketua Komunitas Gamacca Parepare, H. Ansar Dg. Halim mengungkapkan, dalam kesempatan ini, pihaknya bersilaturahmi kepada pengurus, dan menyampaikan informasi terkait struktur kepengurusan Gamacca ke depannya, supaya bisa menjadi organisasi resmi yang terdaftar dan diakui.

“Ini penting untuk menjaga eksistensi anggota supaya tidak hanya berhenti di sini, di mana kepengurusan maupun kegiatan bisa terus berjalan dan berkesinambungan. Oleh karena itu, komitmen para pengurus untuk menjaga keberadaan Gamacca ini, sangat diperlukan agar keberlangsungan upaya dalam melestarikan budaya ini tetap berjalan,” paparnya.

H. Ansar menambahkan, ke depannya, diharapkan program maupun agenda bulanan serta kegiatan-kegiatan, dapat terus berjalan, untuk mempererat silaturahmi pengurus dan anggota.

Hadir dalam kegiatan tersebut, mantan Anggota DPRD Kota Parepare, Andi Nurhanjayani selaku penasihat budaya. Nurhanjayani juga merupakan salah seorang penggiat budaya senior di Parepare.

BACA JUGA :  Tiga Kapal Perang TNI AL Latihan Manuver Taktis di Sekitar Laut Makassar
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6