26 C
Makassar
Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaHealthObat Alami ini Diyakini Bisa Atasi Asam Urat

Obat Alami ini Diyakini Bisa Atasi Asam Urat

- Advertisement -

Kopi

Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang minum 4 sampai 5 cangkir kopi sehari memiliki peluang 40 persen lebih sedikit terkena penyakit asam urat, dan pria yang minum 6 cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki peluang 59 persen lebih sedikit terkena penyakit tersebut.

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat melindungi Anda dari kadar asam urat yang tinggi. Hal ini karena kafein mirip dengan struktur kimia untuk obat asam urat.

Namun, hal tersebut bukan berarti Anda yang terkena asam urat tinggi diharuskan sesering mungkin minum kopi, karena dibutuhkan rangkaian penelitian panjang untuk bisa mengetahui efektivitasnya secara utuh, dan mengingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein, juga memiliki efek buruk bagi organ tubuh seperti ginjal. Untuk memastikannya, diskusikan hal ini dengan dokter Anda.

Buah Ceri dan Nanas

Buah ceri dan nanas seringkali dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Faktanya, buah nanas memiliki kandungan asam askorbat yang ternyata memiliki efek yang sangat kecil untuk menurunkan kadar asam urat yang Anda alami.

Asupan buah ceri selama dua hari ternyata menurunkan risiko sebanyak 35 persen untuk terkena serangan asam urat. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada kedua buah ini untuk memastikan penggunaannya sebagai obat alami asam urat.

BACA JUGA: Anda Asam Urat ? Hindari 15 Makanan Pantangannya

Vitamin C

Suplemen yang mengandung vitamin C diyakini bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda. Kendati seperti itu, masih diperlukan serangkaian penelitian yang perlu dilakukan untuk dapat memastikannya.

Namun tidak ada salahnya Anda mengonsumsi vitamin C bila perlu, karena vitamin ini juga dibutuhkan tubuh Anda. Konsultasikan dengan dokter mengenai batasan asupan vitamin C untuk Anda, dan Anda harus ingat bahwa vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayuran.

BACA JUGA :  Fenomena Kambuhnya Asam Urat di Malam Hari

Daun Seledri

Daun seledri dan jus daun seledri memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Daun seledri merupakan sumber vitamin C dan bahkan dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, serta mengontrol tekanan darah.

Namun, belum ada penelitian terkait mengonsumsi seledri atau meminum jus seledri yang dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Hanya saja, daun seledri merupakan camilan rendah kalori yang dapat menurunkan berat badan Anda, dan hal itu kerap dapat membantu mencegah munculnya penyakit asam urat dan penyakit pada sendi lainnya.

Penyakit asam urat dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang dapat menekan kadar asam urat jika sudah terlampau tinggi, di antaranya:

Perubahan gaya hidup, Anda disarankan menghindari makanan mengandung purin yang tinggi seperti daging merah, jeroan, boga bahari, dan makanan yang mengandung ekstrak ragi.

Menghindari minuman manis, minuman ringan maupun beralkohol makanan ringan dan makanan berlemak, asupan ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat dan komplikasi penyerta lainnya.

Menjaga berat badan yang sehat dengan melakukan diet seimbang dan olah raga teratur.Minum banyak air berguna untuk menjaga diri agar terhidrasi dengan baik, yang akan mengurangi risiko terbentuknya kristal asam urat yang mengendap pada sendi Anda.

Setelah Anda mengetahui obat alami asam urat, ada baiknya Anda menjaga kesehatan. Jika Anda mengalami gejala asam urat tinggi seperti rasa sakit pada sendi hingga membangunkan Anda saat tidur, sendi membengkak, dan sensasi hangat saat disentuh, serta kulit merah atau ungu di sekitar sendi, segeralah konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Senantiasa konsumsi dan jalani pengobatan sesuai dengan saran dokter, dan ingat bahwa obat alami asam urat ini tidak dapat mengganti terapi medis.

BACA JUGA :  Berhenti Merokok Cara Hindari Dampak Terburuk COVID-19
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6