24 C
Makassar
Senin, Januari 30, 2023
BerandaHealthObat Alami saat Asam Lambung Naik, Ini Penjelasannya

Obat Alami saat Asam Lambung Naik, Ini Penjelasannya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi yang perlu segera diatasi ketika kambuh. Pasalnya ketika asam lambung naik, hal ini tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan menimbulkan gejala lainnya sehingga menghambat aktivitas pengidapnya. Mulai dari mulut terasa asam, kembung, dada seperti terbakar atau heartburn, mual, hingga rasa nyeri di ulu hati.

Umumnya, mereka yang mengidap kondisi ini akan mengonsumsi obat kimiawi ketika gejalanya kambuh. Namun, ada keyakinan yang mengatakan kalau mengatasi asam lambung naik sebenarnya tidak selalu membutuhkan obat kimia. Sebab, ada beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk meredakannya.

Sebaiknya Diskusikan Terlebih Dahulu dengan Dokter

Jika kamu mengalami asam lambung yang naik, sebenarnya ada beberapa opsi bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakannya. Namun, seperti halnya obat-obatan, pengobatan rumahan dan suplemen juga bisa memiliki efek samping. Beberapa di antaranya bahkan dapat berinteraksi dengan obat atau menyebabkan masalah lain. Apalagi jika kamu sedang hamil, menyusui atau menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan lainnya.

Di samping itu suplemen herbal tidak diuji untuk keamanan dan keefektifannya dengan cara yang sama seperti obat kimiawi. Karena itu, hal paling terbaik untuk meredakan asam lambung naik adalah dengan menghindari pemicunya. Mulai dari mengelola stres dengan baik, menghindari mengonsumsi minuman beralkohol, makanan berlemak, dan makanan pedas.

Namun, jika kamu ingin mencoba obat alami untuk meredakan asam lambung yang baik, sebaiknya diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah obat alami yang ingin dikonsumsi aman untuk tubuhmu. Jika dirasa aman, ada beberapa rekomendasi bahan alami untuk meredakan asam lambung yang naik.

Rekomendasi Obat Alami untuk Asam Lambung Naik

Berikut adalah beberapa bahan yang diyakini mampu untuk meredakan asam lambung saat naik:

1. Sereh

Sereh merupakan bumbu dapur yang juga kerap dijadikan sebagai bahan jamu tradisional. Nah, rempah yang satu ini diyakini dapat membantu meredakan asam lambung. Hal ini lantarang

kandungan antioksidan pada sereh. Menariknya lagi, sereh juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, A, zat besi, magnesium, selenium, dan seng.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang diklaim dapat meredakan asam lambung dan mual. Jika dirasa aman setelah berdiskusi dengan dokter, pertimbangkan untuk menambahkan jahe parut atau potong dadu ke resep makanan favoritmu. Selain itu, kamu juga dapat membuat teh jahe untuk meredakan asam lambung yang naik.

Untuk membuat teh jahe, rendam akar jahe mentah, akar jahe kering, atau kantong teh jahe dalam air mendidih. Namun, pastikan untuk mengonsumsi jahe dalam jumlah yang sesuai. Sebab, penggunaan jahe dalam dosis besar sebenarnya dapat menyebabkan mulas atau masalah lain.

3. Madu

Rekomendasi obat alami selanjutnya adalah madu. Nah, studi berjudul Honey – A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis menunjukkan hasil menarik. Pada studi ini, madu diketahui dapat meningkatkan lendir dan mempercepat penyembuhan, yang dapat membantu mengobati refluks dan kerusakan esofagus.

Cara Alami Lain yang Dapat Dilakukan

Selain beberapa bahan tersebut, ada cara alami lainnya yang dapat diterapkan untuk mencegah penyakit asam lambung. Salah satunya adalah berhenti merokok. Sebab, kebiasaan merokok bisa merangsang perut memproduksi cairan asam lambung lebih banyak dibandingkan biasanya.

Itulah penjelasan mengenai obat alami saat asam lambung naik. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar

asam lambung naik, atau sering mengalaminya, segeralah hubungi dokter.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer