29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaHealthOlahraga untuk Pengidap Gagal Ginjal

Olahraga untuk Pengidap Gagal Ginjal

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting. Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring darah.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan untuk mereka yang mengalami gagal ginjal, dilansir dari halodoc.com:

Jalan Kaki
Olahraga pertama yang paling cocok untuk pengidap gagal ginjal adalah jalan kaki karena cukup ringan dan mudah dilakukan di mana saja. Olahraga ini sangat baik dilakukan untuk mengobati penyakit ginjal karena ia akan membantu otot-otot untuk bergerak secara berulang.

Berkebun
Meskipun berkebun bukanlah olahraga melainkan aktivitas fisik biasa, efeknya juga setara dengan olahraga. Pengidap gagal ginjal bisa melakukan aktivitas ini di bawah sinar matahari pagi. Sebab ini diduga bisa menurunkan risiko penyakit ginjal hingga 16 persen.

Bersepeda
Tidak hanya baik untuk mereka yang sehat, bersepeda rutin selama 1,5 jam selama 3 kali seminggu juga cukup ampuh untuk menurunkan risiko penyakit ginjal hingga 15 persen. Kamu pun bisa melakukannya pagi hari sambil menikmati cahaya matahari pagi agar kebutuhan akan vitamin D juga terpenuhi.

Skipping
Skipping atau lompat tali adalah salah satu jenis olahraga untuk pengidap sakit ginjal yang juga bisa dicoba. Kamu juga akan mengeluarkan keringat dengan cepat dengan olahraga ini. Namun jangan terlalu memaksakannya, coba lakukan skipping selama 10 hingga 15 menit saja untuk hasil yang maksimal.

Brisk Walking
Untuk kamu yang baru pertama kali mendengar olahraga ini, olahraga ini sebetulnya cukup mudah dilakukan. Olahraga ini sebetulnya tidak berbeda jauh dengan jalan kaki, hanya saja langkah yang dibuat lebih lebar dan cepat. Sama seperti jalan kaki, olahraga ini menyehatkan dan tidak membuat kelelahan, sehingga cocok untuk dilakukan oleh para pengidap gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya. Lakukanlah olahraga ini dengan durasi satu jam setiap hari di bawah sinar matahari pagi.

Latihan Aerobik
Pengidap penyakit ginjal juga diperbolehkan latihan seperti aerobik agar tubuh tetap sehat dan bugar. Latihan ini, misalnya senam aerobik, berlari, atau lari santai menggunakan treadmill di klub kebugaran. Dengan melakukan olahraga ini, maka keringat pasti akan banyak keluar, sehingga menurunkan risiko sakit ginjal. Sebab, keringat akan membuat garam yang berlebih pada tubuh keluar dan membuat kinerja ginjal menjadi lebih ringan.

Jika pada awal olahraga kamu merasakan nyeri otot setelahnya, mungkin ini terjadi karena kamu kurang pemanasan.

spot_img
spot_img

Headline