Pantai Losari: Senja Kembali Keperaduan

Pasangan kekasih yang masih terbilang baru ini, yaitu selama 3 bulan lebih ini awalnya juga membuat komitmen dan mengikat janji di tempat ini.

“Tempat ini sangat bersejarah bagi kami, karena kami berkomitmen disini untuk saling mengikat janji dan muda-mudahan direstui oleh sang pencipta nantinya,”tambah Dompea.

Dia juga berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar agar tetap menjaga kebersihan yang ada di Pantai Losari ini.

“Ini adalah pusat wisata dari luar daerah maupun wisatawan dari mancanegara ketika mengunjugi Kota Makassar. Kalau tidak dijaga kebersihannya otomatis pengunjung akan berpikir dua kali untuk mengunjungi Pantai Losari ini,”harap Dompea.

Pantai Losari, Sejarah Peradaban Kota Angin Mammiri

Sebelum dikenal sebagai Losari, warga Makassar menyebutnya Pasar Ikan. Dimasa itu banyak pedagang pribumi yang berjualan. Dipagi hari dimanfaatkan sebagai pasar ikan, sedangkan di sore hari dimanfaatkan pedagang lainnya untuk berjualan kacang, pisang epe dan makanan ringan khas Makassar lainnya.

Apa sebenarnya yang menarik dari fisik Pantai Losari?

keadaan partai Losari.(Int)

Infrastruktur utamanya saat ini telah dibangun merupakan sebuah jalan besar bernama Penghibur. Disisi yang sebelumnya adalah pembendung air berupa turap beton memanjang kini diperluas menjorok kedalam pantai.

Terdapat Promenade luas berlatar pulau dan laut selat Makassar dan dibawahnya merupakan outlet buangan limbah kota. Dalam konteks pembangunannya, konsep yang sudah bertahan selama 60 tahun itu hanya diperbesar luasannya.

Diawali tahun 1945, bangunan tambahan pantai yang pertama dibuat. Desain lantai dasar beton sepanjang 910 meter digagas oleh Pemerintah Wali Kota Makassar, DM van Switten (1945-1946).

Dimasa pemerintahan NICA tersebut, pemasangan lantai ditujukan untuk melindungi beberapa objek dan sarana strategis warga di Jalan Penghibur dari derasnya ombak selat Makassar.

BACA JUGA :  Walikota Danny Pimpin Apel Besar Gerakan Pramuka Kota Makassar